Salin Artikel

Gara-gara Bunyi Alarm Kebakaran, Restoran di Inggris Ini Rugi Rp 17 Juta

Insiden terjadi di Restoran dan Bar Panam, yang berlokasi di Albert Dock, Liverpool, pada Selasa (2/7/2019) malam, saat kesalahan sistem memicu alarm kebakaran berbunyi.

Akibatnya, para pengunjung restoran yang sedang menyantap makanan mereka maupun yang masih menunggu pesanan mereka datang, harus dievakuasi.

Tetapi, setelah dipastikan bahwa telah terjadi kesalahan pada sistem alarm pemadam kebakaran, tidak semua pengunjung yang sebelumnya memenuhi restoran, kembali. Banyak di antara pengunjung yang dievakuasi langsung memilih pergi tanpa membayar tagihan makanan mereka.

Pihak restoran mengklaim ada sekitar 50 pengunjung yang tidak kembali untuk membayar tagihan makanan dan minuman mereka.

Manajer umum restoran, Daniel Hesketh, mengatakan akibat insiden itu, restoran telah kehilangan pemasukan lebih dari 1.000 poundsterling atau sekitar Rp 17,7 juta.

Pihak restoran juga memutuskan merilis rekaman kamera pengawas yang memperlihatkan perbedaan besar dalam jumlah pengunjung restoran sebelum dan sesuai alarm berbunyi.

"Industri restoran saat ini semakin sulit dan hal terakhir yang kami butuhkan adalah orang-orang yang pergi tanpa membayar makanan mereka untuk sesuatu yang bukan karena kesalahan kami dan benar-benar di luar kendali kami," ujar Hesketh, dilansir Mirror.

"Kami mengevakuasi para pengunjung demi keselamatan mereka, bukan untuk menyusahkan siapa pun. Kami juga tetap memberi kompensasi karena ketidaknyamanan yang dirasakan pengunjung," tambahnya.

"Setiap pengunjung yang kembali untuk membayar tagihan mereka mendapatkan diskon dan kami memasak kembali menu pesanan mereka tanpa biaya tambahan," ujar Hesketh.

"Saya berpikir pengunjung yang tidak kembali adalah oportunistik dan mungkin berpikir apa yang mereka lakukan tidak akan menjadi masalah, meski kenyataannya sangat sulit," kata pihak restoran.

Hesketh mengatakan, total kerugian yang dialami restorannya pada malam itu berasal dari tagihan yang belum dibayar sebesar 740 poundsterling (sekitar Rp 13 juta) dan untuk memasak ulang pesanan sebesar 300 poundsterling (sekitar Rp 5,3 juta).

Meski pihak restoran awalnya meminta agar para pengunjung yang pergi untuk kembali dan membayar tagihan mereka, namun Hesketh mengatakan tidak akan melaporkan insiden itu karena merasa hal itu hanya akan membuang-buang waktu petugas.

"Kami bukan satu-satunya restoran yang mengalami kesalahan sistem alarm malam itu, tetapi saat kami berbicara dengan restoran lain, mereka mengatakan hanya sebagian kecil pelanggan mereka yang pergi sebelum membayar," ujarnya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/05/17401721/gara-gara-bunyi-alarm-kebakaran-restoran-di-inggris-ini-rugi-rp-17-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke