Salin Artikel

Marinir Kerajaan Inggris Serbu Kapal Tanker Super Pakai Helikopter dan Speedboat

Misi itu dilaksanakan oleh pasukan dari Komando 42 yang merupakan bagian dari unit Marinir Inggris menggunakan helikopter dan speedboat di kawasan Gibraltar.

Dilansir Sky News Kamis (4/7/2019), sekitar 16 Polisi Gibraltar juga membantu dalam misi menyusul kecurigaan kapal bernama Grace 1 itu melanggar sanksi Uni Eropa.

Berangkat 17 April lalu, kapal itu diduga menempuh rute 23.335 km menyusuri Afrika daripada melewati Terusan Suez yang hanya berjarak 6.598 km untuk menghindari deteksi.

Berdasarkan peta, diketahui kapal itu berangkat dari Iran. Jika terkonfirmasi, maka kapal tanker itu juga melanggar sanksi Amerika Serikat (AS) tentang larangan ekspor minyak Iran.

Diketahui Badan Intelijen Pusat AS (CIA) sudah melakukan pemantauan terhadap pergerakan tanker itu dari Iran ke Suriah, dan meminta bantuan Inggris menangkapnya.

Menteri Utama Gibraltar Fabian Picardo mengatakan, mereka punya alasan untuk meyakini bahwa Grace 1 membawa minyak mentah ke kilang minyak Banyas di Suriah.

"Kilang minyak itu merupakan properti dari entiras yang menjadi subyek sanksi Uni Eropa terhadap Suriah," ujar Picardo dalam pernyataan resmi.

Sementara Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt dikutip Daily Mirror memuji "keberanian" dari anggota Komando 42 serta polisi Gibraltar untuk menghentikan pasokan minyak ke "rezim pembunuh".

Namun, Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell berujar dia bakal memperhatikan penyerbuan dan penyitaan kapal tanker yang berada di perairan negaranya.

Sanksi Uni Eropa terhadap Suriah mulai diterapkan pada Mei 2011 setelah Presiden Bashar al-Assad menangkal demonstran anti-dirinya yang berujung pada perang sipil.

Iran yang merupakan sekutu dekat Assad juga berada dalam sanksi Washington yang melarang seluruh negara untuk membeli minyak, atau berisiko dihukum.

Sanksi itu diberlakukan setelah Presiden Donald Trump mengumumkan keluar dari perjanjian nuklir 2015 pada Mei tahun lalu, dengan menyebutnya sebagai "kesepakatan terburuk".

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/05/08501121/marinir-kerajaan-inggris-serbu-kapal-tanker-super-pakai-helikopter-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke