Salin Artikel

Erdogan: Jika AS Menolak Kirim Jet Tempur F-35, Itu Sama Saja Merampok

Hubungan Turki dan AS merenggang setelah Ankara bersikukuh meneruskan pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia yang rencananya dikirimkan Juli ini.

Sebagai respons, AS mengancam bakal membatalkan pemesanan 116 jet tempur F-35, dan mengeluarkan mereka dari program pelatihan, termasuk ancaman sanksi.

Dilansir Hurriyet via AFP Kamis (4/7/2019), Erdogan mengibaratkan Turki sebagai pelanggan yang tengah dicari AS dan bersedia melakukan pembayaran.

"Jika pelanggan itu bersedia membayar lunas, bagaimana mungkin Anda tidak memberikan barang itu? Jelas itu merampok," kecam Erdogan.

Dia menerangkan Turki sudah membayar 1,4 miliar dollar AS, sekitar Rp 19,7 triliun dengan perusahaan yang terlibat dalam produksi juga mengeluarkan modal besar.

Mantan Penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan Juni lalu menulis surat ke Ankara berisi peringatan pilot Turki bakal dipulangkan jika pembelian S-400 tak dibatalkan pada 31 Juli.

Namun setelah bertemu Presiden Donald Trump di sela agenda KTT G20 di Osaka, Jepang, pekan lalu, Erdogan berujar dia mendapat jaminan tidak akan ada sanksi.

Trump menyalahkan pemerintahan Barack Obama karena gagal menjalin kesepakatan dengan Turki untuk menjual sistem rudal Patriot sehingga Turki membeli S-400.

Turki sebelumnya menyatakan Rusia menawarkan kesepakatan yang lebih baik dibanding Patrick. Termasuk dalam kesepakatannya adalah melakukan produksi bersama.

Lebih lanjut dalam pernyataannya, Erdogan menyebut sikap Trump sangat "terpuji".

https://internasional.kompas.com/read/2019/07/04/15330451/erdogan-jika-as-menolak-kirim-jet-tempur-f-35-itu-sama-saja-merampok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke