Salin Artikel

Bobol Atap, Bos Mafia Italia Rocco Morabito Kabur dari Penjara di Uruguay

Morabito kabur bersama dengan tiga narapidananya lainnya melalui lubang di atap dari pusat penahanan polisi di pusat kota Montevideo, pada Minggu (23/6/2019) malam.

Insiden pelarian sang bos mafia telah memicu digelarnya pencarian secara besar-besaran, serta membuat marah pemerintah Italia, yang sedang menunggu proses ektradisi Morabito.

"Morabito dan tiga narapidana lainnya melarikan diri melalui lubang di atas pusat penahanan polisi di pusat kota Montavideo. Mereka kemudian membobol apartemen di gedung sebelah sebelum keluar ke jalan," kata Kementerian Dalam Negeri Uruguay.

Dalam pernyataan tertulis, yang dikutip AFP, Morabito, berusia 52 tahun, tokoh top 'Ndrangheta, sebuah kelompok kejahatan terorganisir yang berbasis di Calabria, Italia, ditangkap di Uruguay pada September 2017 setelah puluhan tahun dalam pencarian.

Saat ini dia sedang dalam proses untuk menunggu ekstradisinya atas kasus perdagangan narkoba internasional.

Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini menanggapi kabar kaburnya bos mafia itu dengan menyebutnya kabar yang membingungkan dan serius.

"Saya membuat dua komitmen. Pertama untuk menjelaskan bagaimana dia melarikan diri, meminta penjelasan langsung dari pemerintah Montevideo. Kemudian kita akan melanjutkan perburuan untuk Morabito, di mana pun dia berada," kata Salvini.

Saksi mata, Elida Ituarte (70), yang tinggal di lantai lima apartemen di samping penjara, mengatakan dirinya terkejut saat mendapati empat pria tak dikenal berada di ruang tamunya pada Minggu tengah malam.

Elida mengatakan salah satu dari empat orang itu tampak seperti Morabito. Mereka mengaku berada di sana untuk memperbaiki pipa bocor.

Dia mengatakan keempat pria itu melompat ke balkonnya dari dinding penjara di samping apartemennya. Kawat berduri yang menutupi dinding penjara tampak telah dipotong.

Elida lantas membukakan pintu dan membiarkan keempat pria itu keluar dan langsung berlari ke jalan.

Gedung penjara Sentral Montevideo terletak di jalanan yang sibuk dan dikelilingi oleh apartemen, restoran, dan toko.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/25/08510971/bobol-atap-bos-mafia-italia-rocco-morabito-kabur-dari-penjara-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke