Salin Artikel

China Tak Akan Biarkan Isu Hong Kong Dibahas dalam KTT G20

Pernyataan tersebut menanggapi kabar yang menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump bakal mengangkat masalah aksi unjuk rasa di kota semi-otonom itu selama pertemuannya dengan Presiden Xi Jinping.

Aksi unjuk rasa telah mengguncang Hong Kong selama dua pekan terakhir, saat warga menuntut penarikan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi yang memungkinkan pelanggar untuk diekstradisi ke China daratan.

Trump telah menimbang insiden kerusuhan politik terburuk di Hong Kong sejak penyerahannya dari Inggris ke pemerintah China pada 1997 dan mengatakan jika dirinya memahami alasan warga Hong Kong menggelar aksi unjuk rasa.

Trump pun mengharapkan situasi di Hong Kong dapat segera kembali damai dan mereka dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan Beijing.

"Saya dapat mengerti alasan demonstrasi itu. Saya berharap semuanya dapat berjalan dengan baik untuk China dan juga Hong Kong," kata Trump.

Sementara Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menekankan bahwa Trump akan membahas situasi di Hong Kong dengan Xi selama pertemuannya di sela-sela KTT G20, yang akan dilangsungkan pada Jumat-Sabtu (28-29/6/2019) mendatang.

Tetapi asisten menteri luar negeri China, Zhang Jun, mengatakan bahwa G20 merupakan forum yang fokus pada permasalahan perekonomian global dan bukan membahas persoalan dalam negeri negara lain.

"Xi dan Trump telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan bilateral yang berfokus pada perang dagang AS dengan China selama KTT," ujar Zhang.

"Saya dapat memberi tahu Anda dengan pasti bahwa KTT G20 tidak akan membahas masalah Hong Kong dan kami tidak akan membiarkan masalah Hong Kong dibahas dalam G20," lanjutnya dalam konferensi pers, Senin (24/6/2019).

"Urusan Hong Kong adalah murni urusan dalam negeri China dan tidak ada negara asing yang memiliki hak untuk campur tangan," tambah Zhang, menegaskan bahwa kota tersebut merupakan wilayah administrasi khusus China.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/24/17430091/china-tak-akan-biarkan-isu-hong-kong-dibahas-dalam-ktt-g20

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke