Salin Artikel

Pompeo Berharap Surat "Istimewa" Trump Kembali Buka Jalan Dialog dengan Korea Utara

Pompeo, yang mengkonfirmasi surat Trump kepada Kim Jong Un sebelum bertolak dari Washington dalam perjalanan ke Timur Tengah, mengatakan bahwa AS siap untuk segera melanjutkan pembicaraan dengan Korea Utara.

"Saya berharap (surat) ini akan memberikan landasan yang baik bagi kita untuk memulai.. diskusi penting ini dengan Korea Utara," ujar Pompeo kepada wartawan di Pangkalan Gabungan Andrews, Minggu (23/6/2019).

Sebelumnya diberitakan kantor berita Korea Utara, KCNA, bahwa pemimpin mereka, Kim Jong Un telah menerima surat yang digambarkannya sebagai "sangat istimewa".

Dalam pemberitaan itu, Kim mengatakan dia sangat menghargai penilaian politik dan keberanian luar biasa yang ditunjukkan oleh Presiden Trump.

"Karena itu, Kim Jong Un menuturkan bahwa akan serius merenungkan isi surat yang begitu menarik itu," demikian laporan KCNA tanpa mencantumkan isi surat.

Pembicaraan antara AS dengan Korea Utara mengenai denuklirisasi telah terhenti sejak pertemuan puncak yang gagal mencapai kesepakatan pada akhir Februari lalu di Hanoi, Vietnam.

Sementara, seorang pejabat AS menegaskan, pada Rabu (19/6/2019) pekan lalu, bahwa Amerika Serikat tidak memiliki prasyarat untuk perundingan baru dengan Korea Utara.

Akan tetapi, kemajuan itu akan membutuhkan langkah-langkah yang bermakna dan dapat diverifikasi dari Pyongyang untuk meninggalkan program senjata nuklirnya.

Pompeo juga tidak membahas mengenai isi surat Trump kepada Kim Jong Un, tetapi mengatakan bahwa AS telah bekerja untuk meletakkan dasar demi diskusi sejak pertemuan di Hanoi.

"Saya pikir kita saat ini berada di tempat yang lebih baik," ujarnya tentang hubungan antara Washington dengan Pyongyang.

Ditanya mengenai kemungkinan untuk dilakukannya diskusi pada level kerja antara kedua negara akan segera dimulai, Pompeo mengatakan kemungkinan itu cukup besar.

"Saya berpikir dari pernyataan yang datang dari Korea Utara pagi ini menunjukkan bahwa kemungkinan itu sangat baik."

"Kami siap untuk pergi. Kami secara harfiah siap untuk berangkat meski dalam pemberitahuan sesaat jika Korea Utara menunjukkan bahwa mereka siap untuk diskusi itu," ujar Pompeo.

Pompeo melakukan perjalanan ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab untuk berkonsultasi dengan negara sekutu AS mengenai peningkatan ketegangan dengan Iran.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/24/10384471/pompeo-berharap-surat-istimewa-trump-kembali-buka-jalan-dialog-dengan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke