Salin Artikel

Iran Tegaskan Wilayah Udaranya Aman untuk Dilintasi Pesawat Komersial

Pernyataan itu disampaikan CAOIRI menyusul pernyataan sejumlah maskapai penerbangan yang memutuskan untuk menghindari wilayah udara di atas Selat Hormuz pascainsiden penembakan jatuh drone pengintai milik AS.

"Wilayah udara yang dikendalikan Iran di Teluk Persia dan rute penerbangan lainnya benar-benar aman," kata juru bicara CAOIRI, Reza Jafarzadeh, dikutip Reuters.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah maskapai penerbangan dunia memutuskan untuk menghindari terbang di atas Selat Hormuz dan wilayah udara Iran pascaterjadinya penembakan jatuh drone milik AS pada Kamis (20/6/2019).

Badan Penerbangan Federal (FAA) AS pun langsung mengeluarkan perintah darurat untuk melarang operator penerbangan menerbangkan pesawat di wilayah yang dikendalikan Iran di atas Selat Hormuz dan Teluk Oman.

Sehari berikutnya, maskapai penerbangan Belanda, KLM, memutuskan untuk tidak menggunakan rute terbang yang melintasi wilayah udara Iran.

Hal serupa dilakukan maskapai penerbangan Australia, Qantas yang juga menghindari Selat Hormuz dan Teluk Oman dalam penerbangan ke Timur Tengah.

Keputusan ini akan berarti adanya sedikit perubahan rute dalam penerbangan dari Australia menuju London.

Lufthansa, maskapai penerbangan Jerman, juga memutuskan untuk menghindari Selat Hormuz dan Teluk Oman untuk sementara waktu.

Meski demikian, Lufthansa sejauh ini belum menutup rutenya menuju Teheran. Namun, keputusan bisa berubah jika terjadi perkembangan baru.

Maskapai penerbangan Inggris, British Airways menegaskan akan mengikuti arahan FAA untuk menghindari wilayah udara Iran.

"Tim keamanan dan keselamatan kami selalu bekerja sama dengan pemerintah di seluruh duni sebagai bagian dari penilaian risiko di setiap rute yang kami jalani," kata juru bicara British Airways.

Sejumlah maskapai penerbangan lainnya yang turut mengamini peringatan FAA yakni Gulf Air, Etihad Airways, Cathay Pacific, Emirates Airline, flydubai, Air France, Norwegian Air, SAS (Swedia), Singapore Airlines, Malaysia Airlines, dan Polish airline.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/22/16474301/iran-tegaskan-wilayah-udaranya-aman-untuk-dilintasi-pesawat-komersial

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke