Salin Artikel

Tingkatkan Keamanan, India Kerahkan Dua Kapal Perang ke Teluk Persia

Dua kapal perang India, yakni INS Chennai dan INS Sunayna telah diberangkatkan ke Teluk Persia, Kamis (20/6/2019). India juga mengirim pesawat pengintai maritim untuk mengawal kedua kapal perangnya.

"Kapal perang kami akan bertugas untuk meyakinkan keamanan setiap kapal berbendera India yang berlayar melalui Teluk Oman dan Teluk Persia," kata juru bicara Angkatan Laut India, Kapten DK Sharma.

Keputusan pengerahan dua kapal perang dalam "Operasi Sankalp" atau operasi resolusi itu diambil usai insiden Iran yang menembak jatuh pesawat mata-mata AS di dekat Selat Hormuz dan menambah ketegangan antara kedua negara.

Pengerahan kapal perang INS Chennai yang disebut-sebut sebagai salah satu kapal perang terkuat India menunjukkan keseriusan negara itu dalam menanggapi situasi ketegangan di wilayah Timur Tengah.

INS Chennai merupakan kapal perang perusak kelas Kolkata yang dilengkapi persenjataan misil kendali siluman. Sedangkan INS Sunayna merupakan kapal patroli kelas Saryu.

Ditambahkan Kapten DK Sharma, keputusan pengerahan dua kapal perang India diambil pasca-insiden keamanan maritim yang menyerang dua kapal tanker.

Sebelumnya di Teluk Oman, dua kapal tanker, masing-masing milik perusahaan Jepang dan milik Norwegia, telah mendapat serangan yang menyebabkan kerusakan dan kebakaran pada kapal.

Tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap dua kapal tanker itu, namun AS menuding Iran berada di balik serangan.

Tuduhan itu dibantah keras oleh Iran, dengan Teheran balik menuding serangan tersebut sebagai rencana AS untuk menekan Iran.

"Kapal perang kami akan melakukan koordinasi antara pemangku kepentingan dan mengawal pengiriman oleh kapal-kapal India bila diperlukan," kata DK Sharma.

Perairan Teluk Persia dan Teluk Oman adalah salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia untuk pasokan minyak, di mana sebagian besar energi dunia, termasuk 40 persen pasokan energi India, dikirim melalui jalur tersebut.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkapalan India juga telah mengeluarkan saran terhadap seluruh kapal berbendera India yang beroperasi di Selat Hormuz dan Teluk Persia, untuk mengambil tindakan perlindungan yang sesuai.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/21/18015081/tingkatkan-keamanan-india-kerahkan-dua-kapal-perang-ke-teluk-persia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke