Salin Artikel

Presiden China Xi Jinping Disambut di Makam Kakek dan Ayah Kim Jong Un

Kim menyambut Xi yang datang bersama istrinya Peng Liyuan, Menteri Luar Negeri Wang Yi, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya di Bandara Pyongyang Kamis (20/6/2019).

Keduanya kemudian berdiri sejenak di terminal untuk berfoto di mana tembakan kehormatan berkumandang sebelum mereka menuju pusat ibu kota naik Mercedes Benz.

Dilaporkan AFP, Kim membuat langkah mengejutkan dengan membawa Xi ke Istana Kumsusan. Yakni mausoleum (makam) kakek dan ayah Kim, Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Setelah itu, mereka berdua bersama pasangan masing-masing menyaksikan penampilan seni dan akrobatik di Stadion Pyongyang, demikian laporan Global Times di Twitter.

Kunjungan Xi selama dua hari selain membalas kunjungan Kim ke China, juga melihat sejauh apa perkembangan negosiasi nuklir Korut dengan Amerika Serikat (AS).

Dalam pembicaraan formal mereka dikutip CCTV, Kim berkata kepada Xi bahwa dia sudah berusaha menekan situasi panas, namun tidak mendapat respon positif pihak terkait.

"Ini bukanlah sesuatu yang Republik Demokratik Rakyat Korea (nama resmi Korut) ingin lihat," ujar Kim kepada Xi sebagaimana diwartakan oleh CCTV.

Pyongyang seakan ingin menunjukkan kepada Presiden AS Donald Trump bahwa mereka masih mendapat dukungan China setelah perundingan terakhir di Vietnam yang mengalami kebuntuan.

Kunjungan Xi ke Pyongyang tersebut memantik komentar dari Scott Seaman, Direktur Asia dari lembaga konsultasi Eurasia Group dalam catatan penelitiannya.

"Xi ingin semuanya tahu bahwa dia bisa memengaruhi Kim. Tidak ada kesepakatan dengan Korut yang bisa terjadi tanpa campur tangan atau bantuan China," jelas Seaman.

Duta Besar AS untuk Konferensi Pengendalian Senjata di Jenewa Robert Wood mengatakan, yang mereka inginkan adalah Xi bisa meyakinkan Kim untuk melakukan denuklirisasi.

"Kami berharap Presiden Xi bisa meminta Kim supaya melanjutkan proses denuklirisasi. Sesuatu yang sudah disepakati oleh Kim sendiri," ucap Wood.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/21/09000261/presiden-china-xi-jinping-disambut-di-makam-kakek-dan-ayah-kim-jong-un

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke