Salin Artikel

Pembunuhan Khashoggi, Pakar PBB Minta Putra Mahkota Saudi Disanksi

Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi Ekstrayudisial, Ringkasan, dan Arbitrasi Agnes Callamard menyampaikan laporan temuannya atas kasus pembunuhan yang terjadi Oktober tahun lalu.

Callamard menuturkan, terdapat bukti kuat bahwa MBS bertanggung jawab atas kematian jurnalis Washington Post di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

"Sebuah sanksi harus diberikan kepada Putra Mahkota dan asetnya hingga terbukti dia tidak bertanggung jawab," kata Callamard diwartakan AFP Rabu (19/6/2019).

Turki melalui Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu melalui kicauannya di Twitter mendukung laporan dan rekomendasi Callamard untuk mengadili yang bertanggung jawab.

Dalam laporan itu, Callamard mengatakan bahwa penyelidikan gabungan yang dilakukan Saudi serta Turki gagal memenuhi standar internasional untuk menyingkap kematian tak wajar.

Dia mendesak Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk menggelar investigasi kriminal internasional untuk membuka kemungkinan pengadilan ad hoc hibrida.

Selain itu, dia juga menyerukan Badan Penyelidik Federal AS (FBI) juga melaksanakan penyelidikan karena Khashoggi tercatat bertempat tinggal di AS.

Dia menyebut 15 nama yang dianggap sebagai tim pembunuh Khashoggi tidak ada dalam daftar 11 pelaku yang saat ini tengah menjalani persidangan di Saudi.

Callamard juga menuturkan Saudi menggunakan imunitas diplomatik untuk menghindari penyelidikan otoritas Turki dengan membersihkan tempat kejadian perkara.

"Dalam pandangan saya terkait dengan keadilan persidangan di Arab Saudi, maka dengan ini saya meminta agar persidangan 11 pelaku itu bisa ditangguhkan," tegasnya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/20/09010061/pembunuhan-khashoggi-pakar-pbb-minta-putra-mahkota-saudi-disanksi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke