Salin Artikel

Trump Sebut Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman Masalah Kecil

Pernyataan Trump tersebut disampaikan dalam wawancara dengan majalah Time yang dirilis pada Senin (17/6/2019), menjawab pertanyaan tentang dampak serangan itu terhadap AS.

"Sejauh ini masih sangat kecil," kata Trump yang mencatatkan bahwa AS kurang bergantung pada pasokan minyak dari wilayah tersebut.

"Tempat-tempat lain mendapatkan minyak dalam jumlah sangat besar dari sana, sedangkan kami mendapat sangat sedikit," kata Trump.

"Kami telah membuat kemajuan luar biasa dalam 2,5 tahun terakhir dalam hal energi. Dan ketika jaringan pipa dibangun, kami kini adalah pengekspor energi. Jadi posisi kami tidak sama seperti dulu terhadap Timur Tengah," katanya.

Meski demikian, Trump mengatakan, dirinya menerima penilaian intelijen AS bahwa Iran berada di balik serangan yang menyasar sebuah kapal Jepang dan Norwegia itu.

"Saya pikir tidak banyak orang yang tidak percaya akan hal itu," ujar Trump, dikutip AFP, Selasa (18/6/2019).

Teheran telah membantah tuduhan Washington bahwa Iran bertanggung jawab atas insiden itu, yang muncul di tengah ketegangan di antara kedua negara.

Sebelumnya, diberitakan, AS melalui Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menuturkan, mereka mempertimbangkan semua opsi sebagai dampak hubungan yang memanas dengan Iran.

Dalam wawancara dengan CBS, Pompeo mengatakan telah memberi kabar kepada Presiden Trump beberapa kali terkait semua opsi yang mereka punya.

"Kami akan terus memberi dia perkembangan. Kami percaya diri dapat mengambil tindakan yang bisa memberi pencegahan," kata Pompeo dilansir CNN, Minggu (16/6/2019).

Pompeo tidak membantah saat ditanya awak media dalam konferensi pers, apakah penggunaan kekuatan militer masuk ke dalam opsi yang dipertimbangkan.

Meski begitu, Pompeo mengutip perkataan Trump yang menyatakan dia tidak ingin terlibat perang dengan Iran, dan menegaskan Iran tidak boleh mendapat senjata nuklir.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/18/23533451/trump-sebut-serangan-kapal-tanker-di-teluk-oman-masalah-kecil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke