Salin Artikel

MBS Tuding Iran Pelaku Penyerangan 2 Kapal Tanker di Teluk Oman

MBS bahkan menegaskan tidak akan ragu untuk mengambil tindakan guna mengatasi ancaman terhadap kerajaan.

Pangeran mahkota Saudi menyebut rezim Iran telah bersikap tidak hormat terhadap Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang berkunjung ke Teheran pada hari terjadinya serangan, Kamis (13/6/2019).

"Rezim Iran tidak menghormati kehadiran perdana menteri Jepang sebagai tamu di Teheran dan menanggapi upaya (diplomatik) dengan menyerang dua kapal tanker, yang salah satunya adalah milik Jepang," kata MBS kepada harian Asharq al-Awsat, yang terbit Minggu (16/6/2019).

"Kami tidak ingin terjadi peperangan di wilayah ini.. Tetapi kami tidak akan ragu untuk menangani ancaman apa pun terhadap rakyat, kedaulatan, integritas wilayah, dan kepentingan vital kami," tambahnya, dikutip AFP.

Dua buah kapal tanker dilaporkan mendapat serangan dari pihak yang tidak diketahui saat melintas di Teluk Oman.

Dua kapal tersebut, satu berbendera Norwegia dan satu milik perusahaan Jepang, mengalami kerusakan dan sempat terbakar, namun tidak sampai tenggelam.

Sebanyak 44 awak dari dua kapal dapat dievakuasi dan dibawa ke tempat yang aman sehingga tidak sampai timbul korban jiwa.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump mengatakan jika serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman telah direncanakan oleh Iran. Tuduhan tersebut dibantah tegas oleh Teheran.

Arab Saudi merupakan sekutu dekat AS dan telah lama berselisih dengan Iran sebagai rival di kawasan Timur Tengah.

Sementara Iran, telah berulang kali memperingatkan bahwa Teheran dapat dengan mudah memblokade Selat Hormuz yang strategis dalam tindakan penanggulangan berteknologi rendah namun berdampak besar apabila mendapat serangan dari AS.

Jika dilakukan, blokade tersebut diyakini akan dapat mengganggu kapal tanker yang berlayar dari wilayah Teluk ke Samudra Hindia dan rute ekspor global.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/16/12120081/mbs-tuding-iran-pelaku-penyerangan-2-kapal-tanker-di-teluk-oman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke