Salin Artikel

Temui PM Jepang, Pemimpin Tertinggi Iran: Saya Tidak Punya Pesan untuk Trump

Kedatangan Abe ke Iran dalam kunjungan perdana menteri Jepang pertama dalam 40 tahun terakhir itu bertujuan untuk membantu meredakan ketegangan antara Teheran dengan Washington di wilayah Timur Tengah.

Jepang merupakan sekutu utama Amerika Serikat dan juga memiliki hubungan baik dengan Iran.

Dalam kunjungannya ke Teheran, Abe membawa pesan untuk para pemimpin Iran dari Presiden AS Donald Trump.

Namun dalam pertemuannya dengan Khamenei, Abe tidak mendapatkan jawaban seperti yang diharapkan.

Khamenei mengatakan kepada Abe bahwa Iran tidak akan mengulangi "pengalaman pahit" bernegosiasi dengan AS dan menyebut tidak memiliki pesan apa pun untuk disampaikan kepada Trump.

"Saya tidak melihat Trump layak atas pertukaran pesan apa pun dan saya tidak punya jawaban apa pun untuknya sekarang maupun di masa mendatang," kata Khamenei dikutip kantor berita Fars.

Khamenei juga mengatakan janji Trump untuk tidak mencari perubahan rezim di Iran sebagai "kebohongan", menambahkan  bahwa dirinya tidak percaya dengan tawaran Washington untuk "negosiasi yang jujur" dengan Teheran.

Sebelum bertemu pemimpin tertinggi, Abe telah bertemu dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, pada Rabu (12/6/2019).

Kepada Rouhani, PM Jepang berpesan agar Iran berperan konstruktif bagi perdamaian di kawasan Timur Tengah.

"Sangat penting bahwa Iran memainkan peran konstruktif dalam membangun perdamaian dan stabilitas yang solid di Timur Tengah," kata Abe.

Sementara Rouhani menyampaikan harapannya akan adanya perubahan yang positif di Timur Tengah dan dunia, jika AS dapat menghentikan tekanan ekonominya terhadap Iran melalui sanksi.

"Jika ada ketegangan, akarnya berasal dari perang ekonomi Amerika dengan Iran. Jika suatu saat itu berhenti, kita akan melihat perubahan yang sangat positif di Timur Tengah dan juga dunia," kata Rouhani.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/13/19360611/temui-pm-jepang-pemimpin-tertinggi-iran-saya-tidak-punya-pesan-untuk

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.