Salin Artikel

Rusia Kirim Jet Tempur Sukhoi Su-27 Hadang Pesawat AS dan Swedia

Berdasarkan laporan TASS via Daily Mirror Selasa (11/6/2019), insiden itu terjadi dekat perbatasa Rusia tempat Organisasi Kerja Sama Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan.

Dalam pernyataan resmi Kementerian Pertahanan, jet tempur Su-27 itu mengawal pesawat AS dan Swedia tersebut untuk menghindari tuduhan pelanggaran di perbatasan Rusia.

Kementerian menjelaskan, Senin kemarin (10/6/2019) stasiun pengawas angkasa Rusia mendeteksi dua pesawat itu mendekati perbatasan dari perairan netral.

"Karena itu, jet tempur Su-27 dari Angkatan Udara Armada Baltik dikerahkan untuk mencegat target dan mengawalnya ke tempat yang aman," ujar kementerian.

Ditambahkan pilot Su-27 itu kemudian mendekati dua pesawat dalam jarak aman, dan mendeteksi mereka sebagai pesawat pengintai Swedish Gulfstream dan RC-135 AS.

Latihan perang NATO bertajuk Baltops-2019 dilaksanakan di bagian selatan Laut Baltik pada 9-21 Juni mendatang yang diikuti oleh 18 negara anggota.

Total dalam latihan perang tersebut, sebanyak 40 kapal perang maupun kapal selam serta 40 pesawat tempur bakal ikut berpartisipasi.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/11/17024841/rusia-kirim-jet-tempur-sukhoi-su-27-hadang-pesawat-as-dan-swedia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke