Salin Artikel

Venezuela Tutup Seluruh Konsulatnya di Kanada

Tiga kantor konsulat yang akan ditutup tersebut masing-masing berada di Vancouver, Toronto, dan Montreal.

Dengan penutupan ketiga kantor konsulat tersebut, Venezuela hanya menyisakan kantor kedutaan besarnya di Ottawa untuk menangani segala urusan diplomatik di Kanada.

Disampaikan kementerian luar negeri Venezuela, keputusan penutupan kantor konsulat di Kanada itu diumumkan pada Sabtu (8/6/2019), sebagai tanggapan atas penutupan sementara kedutaan besar Kanada di Caracas.

Kanada merupakan satu dari lebih 50 negara yang mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai penjabat presiden negara itu dan tidak mengakui presiden Nicolas Maduro.

"Keputusan Kanada untuk menutup kedutaan besarnya di Caracas jauh dari masalah administrasi dan lebih kepada keputusan politik yang mencerminkan permusuhan berkelanjutan dari pemerintah Kanada terhadap Venezuela," kata kementerian luar negeri Venezuela dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Kanada mengumumkan untuk menutup sementara kantor kedutaannya di Caracas, pekan lalu, dengan menyatalahkan Presiden Maduro karena menolak mengakreditasi pada diplomat yang penting.

"Rezim telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi kemampuan kedutaan asing untuk berfungsi dengan baik di Venezuela, khususnya dalam mengadvokasi pemulihan demokrasi," kata Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland, dikutip AFP.

Mengikuti prinsip timbal balik, Kementerian Luar Negeri Venezuela memutuskan untuk juga menghentikan sementara pemberian layanan di konsulat jenderal di Vancouver, Toronto, dan Montreal.

"Seluruh fungsi dan urusan diplomatik Venezuela di Kanada akan dipusatkan di kedutaan besar di Ottawa," lanjut pernyataan kementerian.

Sementara itu, sebelumnya pada Jumat (7/6/2019), Presiden Maduro telah menginstruksikan untuk dibukanya kembali perbatasan negara dengan Kolombia di negara bagian Tachira barat.

Maduro mengumumkan pembukaan kembali perbatasan itu melalui akun media sosial Twitter miliknya.

Namun pernyataan Maduro tidak menerangkan apakah jembatan perbatasan penting yang ditutup sejak Agustus 2015 silam juga akan turut dibuka kembali.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/09/22220031/venezuela-tutup-seluruh-konsulatnya-di-kanada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke