Salin Artikel

Hampir Tabrakan, Rusia Tuduh Kapal Perang AS Lakukan "Manuver Berbahaya"

Kapal penjelajah berkekuatan rudal presisi USS Chancellorsville tiba-tiba berputar arah ketika berlayar di sebelah kapal anti-kapal selam Admiral Vinogradov.

Dilansir Interfax via AFP Jumat (7/6/2019), Armada Pasifik Rusia menyatakan USS Chancellorsville langsung memotong jalur pelayaran Admiral Vinogradov.

Dalam rilis resmi armada, kapal yang bermarkas di Armada Yokosuka Jepang itu mendekat dengan jarak hingga 50 meter sebelum melewati Vinogradov.

Admiral Vinogradov pun terpaksa melakukan manuver darurat guna menghindari tabrakan. Nota protes dilaporkan sudah dikirimkan kepada komandan Chancellorsville.

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut Rusia Admiral Viktor Kravchenko menuduh AS melakukan "perilaku hooligan" dengan respon dari komandan Chancellorsville belum diterima.

Baik Rusia dan AS sama-sama mempunyai sejarah saling menuduh satu sama lain melakukan manuver berbahaya baik di kawasan perairan maupun udara.

Dikutip Radio Free Europe, protes Kremlin terjadi tiga hari setelah Armada Keenam AS menyatakan jet tempur Sukhoi Su-35 memotong pesawat mereka di Mediterania.

Kemudian pada Juni 2016, baik Washington maupun Moskwa sama-sama melontarkan tuduhan kapal perang mereka saling mendekat di perairan yang sama.

Kemudian di Mei lalu, AS mengirim jet tempur untuk mencegat enam pesawat militer Rusia yang memasuki Alaska, dan terus dikawal hingga keluar dari zona udara AS.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/07/18354621/hampir-tabrakan-rusia-tuduh-kapal-perang-as-lakukan-manuver-berbahaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke