Salin Artikel

Kali Pertama, Palestina Rayakan Idul Fitri Beda Hari dengan Saudi

Pasalnya, terdapat perbedaan dalam penampakan bulan. Meski demikian, beberapa orang masih mempertanyakan hal tersebut.

Sebuah pernyataan oleh Mufti Besar Yerusalem dan wilayah Palestina yang disiarkan media resmi menyebutkan, Idul Fitri akan dimulai pada Rabu (5/6/2019), sehari lebih lambat dari Arab Saudi.

Sejumlah warga Palestina menilai keputusan tersebut mungkin terkait dengan politik jelang pembukaan rencana AS untuk perdamaian Israel-Palestina.

Seperti diketahui, Saudi memiliki hubungan dekat dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Di sisi lain, pejabat Palestina dengan tegas membantah klaim terkait perbedaan perayaan Idul Fitri.

Kepala Dewan Islam Tertinggi di Yerusalem, Ekrama Sabri, mengatakan untuk kali pertama sejak Otoritas Palestina dibentuk pada 1994, perayaan Idul Fitri jatuh pada hari yang berbeda dengan Saudi.

"Kami di Palestina tidak memiliki alat seperti yang ada di Arab Saudi dan geografi negara kami tidak membantu melihat bulan," katanya kepada AFP.

Dia membantah adanya masalah politik. Dia mencontohkan Mesir, yang juga sekutu dekat Saudi, akan memulai perayaan Idul Fitri pada Rabu.

Kelompok Islam Palestina menolak untuk menerima keputusan mufti. Mereka akan mempertimbangkan Idul Fitri untuk dimulai pada Selasa.

Seperti diketahui, Palestina telah berusaha untuk memblokir rencana perdamaian AS, dengan menuding Trump lebih pro-Israel.

Akhir bulan suci Ramadhan memang diputuskan berdasarkan penampakan bulan baru. Namun, dua negara yang berseteru, Saudi dan Iran, telah lama memilih hari raya Idul Fitri yang berbeda.

Idul Fitri tahun ini jatuh pada Selasa (4/6/2019) di Arab Saudi dan Rabu (5/6/2019) di Iran.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/05/13002121/kali-pertama-palestina-rayakan-idul-fitri-beda-hari-dengan-saudi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke