Salin Artikel

Jepang Hentikan Pencarian Bangkai F-35 yang Jatuh di Samudra Pasifik

Menteri Pertahanan Jepang Takeshi Iwaya mengatakan, meski upaya pencarian telah dihentikan, namun proses penyelidikan untuk mengetahui penyebab kecelakaan masih terus dilakukan.

Hingga penyebab kecelakaan diketahui, Pasukan Bela Diri Jepang (JSDF) belum akan melanjutkan pengoperasian jet tempur F-35A miliknya.

"Kementerian juga akan terus melakukan pemantauan area yang lebih luas menggunakan kamera bawah air untuk melindungi informasi militer rahasia," kata Iwaya.

Para ahli mengatakan Jepang dibantu dengan Amerika Serikat sebelumnya berupaya menemukan seluruh bagian dari jet tempur yang jatuh demi mencegahnya ditemukan terlebih dahulu oleh Rusia atau China.

Menteri Pertahanan juga telah mengakui adanya sejumlah besar rahasia militer yang perlu dilindungi dalam jet tempur tersebut.

Selama proses pencarian yang berlangsung hampir selama dua bulan, tim pencari telah berhasil menemukan dan mengumpulkan sejumlah bagian jet tempur, termasuk ekor pesawat.

Namun jenazah pilot dan perangkat perekam data penerbangan tidak berhasil ditemukan.

Angkatan Laut AS yang sempat mengirimkan tim untuk membantu proses pencarian telah lebih dulu menghentikan operasi pencarian bulan lalu.

Disampaikan Armada ke-7 AS, tim penyelamat dari angkatan laut Amerika Serikat yang dikontrak untuk membantu proses pencarian dan pemulihan dengan JSDF telah merampungkan misinya.

Jet tempur F-35A milik Pasukan Bela Diri Udara Jepang dilaporkan hilang dari radar pada 9 April, setelah terbang dalam misi latihan malam di 135 kilometer timur Misawa, Jepang timur laut.

Pesawat hilang kontak dengan markas sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa bersama dengan tiga pesawat tempur lainnya.

Jepang telah membeli 13 unit F-35A dari AS seharga lebih dari 10 miliar yen (Rp 1,2 triliun) per unit, untuk menggantikan pesawat F-4 yang sudah mulai usang.

Jet tempur tersebut menjadi skuadron pertama F-35 yang ditempatkan di Misawa pada 26 Maret lalu.

Meski insiden kali ini membuat Jepang menangguhkan sementara operasional pesawat F-35A lainnya, namun kecelakaan tersebut tampaknya tidak mempengaruhi rencana Tokyo untuk melanjutkan proses pembelian berikutnya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/04/15180681/jepang-hentikan-pencarian-bangkai-f-35-yang-jatuh-di-samudra-pasifik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke