Salin Artikel

Trump Akan Umumkan Kampanye Pilpres AS 2020 pada 18 Juni

Melalui akun Twitter-nya, Trump menuliskan bakal membuat pengumuman maju dalam pilpres AS 2020 bersama istri, serta Wakil Presiden Mike Pence dan istri.

"Saya akan mengumumkan maju dalam pemilihan presiden untuk masa jabatan kedua saya dengan Ibu Negara Melania, Wakil Presiden Mike Pence dan istrinya Karen Pence, pada 18 Juni di Orlando, Florida, di Amway Center yang berkapasitas 20.000 kursi."

"Bergabunglah bersama kami untuk kampanye bersejarah ini!" tulis Trump di Twitter pada akhir pekan kemarin.

Pada 2015 silam, saat hendak maju dalam pemilihan presiden, Trump juga mengumumkannya sekitar bulan Juni, tepatnya pada 16 Juni 2015 dengan bertempat di Trump Tower, New York City.

Meski Trump mengatakan baru akan mengumumkan secara resmi keikutsertaannya dalam Pilpres AS 2020, namun kegiatan kampanyenya telah berjalan selama berbulan-bulan, dengan kantor kampanyenya berada di Washington dan juga New York.

Sementara saat ini telah ada 23 kandidat dari partai Demokrat yang akan bersaing untuk menjadi lawan Trump dalam pemilihan presiden AS mendatang, dengan banyak di antaranya mendorong kebijakan sosialis.

Namun Trump secara khusus tampak lebih membidik mantan wakil presiden Joe Biden sebagai pesaing terkuatnya untuk maju dalam pilpres AS 2020.

Trump optimistis dirinya akan dapat mengalahkan Biden dengan mudah. Dia bahkan kerap kali menyindir atau bahkan mengolok-olok Biden, termasuk saat menyebut wakil presiden era pemerintahan Barack Obama itu sebagai "Joe Si Pengantuk".

Trump juga menyebut Biden tidak memiliki "energi" yang cukup untuk memegang jabatan sebagai presiden, pernyataan yang dengan jelas merujuk pada usia sang kandidat.

"Saya pikir kita akan mengalahkannya dengan mudah," kata Trump yang akan berusia 73 tahun akhir bulan ini.

"Saya merasa seperti anak muda. Saya seperti pria muda yang bersemangat," ujarnya beberapa waktu lalu yang mengarah pada umur Biden yang kini 76 tahun.

"Saya tidak akan pernah mengatakan seseorang terlalu tua. Saya tahu mereka semua membuat saya terlihat sangat muda, baik dari segi usia maupun tenaga," lanjut Trump.

Tetapi Biden bukanlah kandidat calon presiden tertua dari Demokrat. Selain dia masih ada Senator Bernie Sanders yang berusia 77 tahun.

Jika Trump kembali terpilih dalam pilpres AS mendatang, dia akan berusia 74 tahun saat hari pelantikan, 20 Januari 2021. Sedangkan jika Biden yang memenangi pemilihan dia akan berusia 78 tahun, sedangkan Sander 79 tahun.

https://internasional.kompas.com/read/2019/06/03/17003681/trump-akan-umumkan-kampanye-pilpres-as-2020-pada-18-juni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke