Salin Artikel

Jenderal Militer AS Sebut Xi Jinping Telah Ingkar Janji

Jenderal Joseph Dunford, ketua Kepala Staf Gabungan Pentagon, mengatakan Presiden Xi pada 2016 telah berjanji kepada Presiden Barack Obama untuk tidak melakukan militerisasi di pulau-pulau yang disengketakan di wilayah Laut China Selatan.

"Tetapi yang kita lihat hari ini adalah landasan pacu sepanjang 30 kilometer, gudang penyimpanan amunisi, penyebaran rutin untuk kemampuan pertahanan rudal, penerbangan, dan sebagainya."

"Jelas sekali bahwa mereka telah meninggalkan komitmen itu," kata Jenderal Dunford dalam pembicaraan tentang keamanan dan pertahanan AS di Brooking Institution, Rabu (29/5/2019).

"Laut China Selatan dalam penilaian saya bukan hanya tumpukan batu. Apa yang dipertaruhkan di wilayah itu dan tempat lainnya di mana ada klaim teritorial adalah aturan, hukum, norma, dan standar internasional," tambahnya.

Pernyataan Dunford mengacu pada serangkaian terumbu karang yang direklamasi, diperluas, dan diklaim sebagai wilayah oleh China untuk mengakomodasi pasukan militer dan pesawat berukuran besar.

Jenderal Dunford pun menyerukan agar dilakukan sebuah "aksi kolektif" untuk meminta pertanggungjawaban dari Beijing.

Namun dia menegaskan bahwa tindakan yang diambil bukan aksi militer melainkan lebih kepada kebutuhan untuk menegakkan hukum internasional.

"Saat kita mengabaikan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan, norma, dan standar internasional, maka kita telah menetapkan sebuah standar baru."

"Dan saya tidak menyarankan sebuah tanggapan militer," kata jenderal tinggi AS itu, dikutip AFP.

"Apa yang perlu terjadi adalah tindakan kolektif yang koheren bagi mereka yang melanggar norma dan standar internasional."

"Mereka (China) perlu dimintai pertanggungjawaban sedemikian rupa sehingga pelanggaran serupa tidak terulang di masa depan," lanjut Dunford.

Washington telah dibuat frustasi oleh ketidakmampuan untuk menghentikan kolonisasi militer China yang agresif di Laut China Selatan, yang menolak klaim teritorial yang bertentangan dari lima negara lain, yakni Vietnam, Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Filipina.

AS juga telah rutin mengirimkan kapal-kapal Angkatan Laut mereka melalui wilayah yang diklaim China dengan menyebutnya sebagai operasi navigasi di perairan internasional yang bebas.

Dunford mengatakan, pembangunan di terumbu karang di Laut China Selatan yang diklaim Beijing telah melambat. Namun menurutnya, hal tersebut karena pulau-pulau itu telah dikembangkan hingga titik yang diharapkan dengan kemampuan untuk mendukung kemampuan militer China.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/30/15194361/jenderal-militer-as-sebut-xi-jinping-telah-ingkar-janji

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke