Salin Artikel

Zelensky: Hari-hari Pertama sebagai Presiden Ukraina Cukup Mengejutkan

"Ada banyak sekali pekerjaan," kata pria berusia 41 tahun itu di sela-sela mengunjungi pameran buku internasional di Kiev, Kamis (23/5/2019).

Zelensky, yang sebelumnya dikenal sebagai aktor komedi, kembali menegaskan janjinya untuk tidak menggunakan kantor kepresidenan di gedung era Soviet yang megah di pusat kota.

"Saya tidak suka suasananya, bangunannya. Kami akan memikirkan apa yang bisa dilakukan tentang itu," tambahnya.

Zelensky memenangkan pemilihan presiden Ukraina dengan mengalahkan Petro Poroshenko dan dilantik pada Senin (20/5/2019) lalu.

Dalam pidato pelantikannya, Zelensky mengumumkan pembubaran parlemen untuk menggelar pemilu parlemen awal pada 21 Juli mendatang.

Presiden termuda Ukraina itu juga berjanji untuk menghentikan perang dengan kelompok separatis di timur negara yang menewaskan sekitar 13.000 jiwa.

Tetapi pilihan staf kepresidenannya mengundang kritik karena dikhawatirkan ada keterikatan dengan taipan Ukraina Igor Kolomoisky, meski telah berulang kali disangkal.

Kolomoisky adalah pemilik saluran televisi yang menyiarkan acara komedi Zelensky.

Zelensky telah menunjuk pengacara pribadi Kolomoisky, Andriy Bogdan sebagai kepala stafnya.

Kolomoisky memiliki sedang terlibat pertempuran hukum tingkat tinggi dengan pemerintah Ukraina terkait kepemilikan pemberi pinjaman terbesar di negara itu, PrivatBank.

Taipan yang sempat dua tahun dalam pengasingan di Israel dan Swiss itu dilaporkan kembali ke Ukraina minggu lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/24/13193081/zelensky-hari-hari-pertama-sebagai-presiden-ukraina-cukup-mengejutkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke