Salin Artikel

Pakistan Klaim Sukses Uji Coba Rudal Balistik yang Mampu Bawa Hulu Ledak Nuklir

Rudal Shaheen-II tersebut ditembakkan pada Kamis (23/5/2019). Dikatakan bahwa rudal balistik permukaan-ke-permukaan dapat membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir hingga jarak 1.500 kilometer.

"Uji coba peluncuran itu bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional Komando Strategis Angkatan Darat," kata militer Pakistan dalam pernyataannya yang dikutip Al Jazeera.

Disampaikan juru bicara militer Pakistan, Asif Ghafoor dalam sebuah pernyataan, tes rudal pada Kamis dilakukan untuk menegaskan kembali sikap pencegahan nuklir negara itu.

"(Rudal) Shaheen-II telah memenuhi kebutuhan strategis (Pakistan) terhadap pemeliharaan stabilitas pencegahan yang diharapkan di kawasan itu," ujarnya lewat akun Twitter miliknya.

Uji coba peluncuran rudal balistik tersebut diketahui dilakukan sehari setelah menteri luar negeri Pakistan menghubungi India untuk menyampaikan tawaran melanjutkan pembicaraan damai.

Hubungan antara kedua negara tengah mengalami ketegangan dan kebuntuan pada Februari lalu, menyusul perang udara yang terjadi di atas wilayah perbatasan, di mana sebuah jet tempur India ditembak jatuh.

Pada Rabu (22/5/2019), Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi telah bertemu secara singkat dengan Menlu India Sushma Swaraj, di sela-sela pertemuan Shanghai Cooperation Organization (SCO) di Bishkek, ibu kota Kyrgystan.

Pertemuan tersebut menjadi interaksi tingkat tinggi pertama antara kedua negara sejak pecahnya konflik perang udara bulan Februari lalu, ketika hampir semua dialog bilateral ditangguhkan oleh India.

"(Dalam pertemuan itu) saya menjelaskan bahwa Pakistan ingin menyelesaikan semua masalah secara damai," kata Qureshi dalam pernyataan yang dirilis pascapertemuan.

Pihak kementerian luar negeri India tidak mengomentari pertemuan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, India juga baru saja melakukan uji coba untuk rudal jelajah dengan kecepatan supersonik yang dikembangkan bersama Rusia.

Rudal supersonik BrahMos itu diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 3.450 kilometer per jam dan diharapkan sudah siap digunakan pada 2020.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/24/04414591/pakistan-klaim-sukses-uji-coba-rudal-balistik-yang-mampu-bawa-hulu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke