Salin Artikel

Berperilaku Baik Selama Dibui, Pria Berjuluk Taliban Amerika Bebas Lebih Awal

Lindh dibebaskan dari penjara keamanan tinggi di Terre Haute, Indiana, tiga tahun lebih awal karena perilakunya yang baik.

Ditangkap karena berperang pada November 2001, kebebasannya diselimuti kekhawatiran tentang kemungkinan dia belum meninggalkan ideologi radikal yang membawanya ke Afghanistan.

Diwartakan kantor berita AFP, Lindh juga dikenal sebagai "Tahanan 001" ini dibebaskan setelah mendekam di penjara selama 17 tahun.

Meski sebentar lagi menghirup udara bebas, Lindh seakan mengingatkan kembali pada serangan 11 September yang mengguncang "Negeri Paman Sam".

Hampir dua dekade kemudian, AS masih terus memerangi Taliban tanpa akhir yang terlihat.

Sementara itu, keluarga dan pendukung Lindh mengatakan dia tidak pernah mengangkat senjata untuk melawan negaranya sendiri.

Dalam sepucuk surat pada pekan ini kepada Biro Federal Penjara, dua senator bertanya soal ancaman terkait tudingan terhadap Lindh yang diduga mendukung kekerasa ekstremis.

"Kita harus mempertimbangkan implikasi keamanan dan keselamatan bagi warga dan komunitas kita akan menerima individu seperti John Walker Lindh," kata mereka.

Menjelang pembebasannya, stasiun TV di Los Angeles KNBC telah menerima surat dari Lindh selama penahanannya. Dalam surat itu, dia diduga memuji kelompok ISIS dan menyebut dirinya sebagai tahanan politik.

Namun tidak jelas mengapa surat yang berasal dari 2014-2015 itu baru diungkap.

Di sisi lain, surat-surat tersebut dapat mempersulit upaya apa pun agar dia bisa kembali ke lingkungan masyarakat.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/23/18151541/berperilaku-baik-selama-dibui-pria-berjuluk-taliban-amerika-bebas-lebih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke