Salin Artikel

Pentagon Akui Masih Menyelidiki Keberadaan Penampakan UFO

Lembaga yang kerap disebut Pentagon itu menyatakan, badan rahasia bernama Program Identifikasi Ancaman Angkasa Lanjutan (AATIP) terus meneliti dan mengidentifikasi UFO.

Dilansir New York Post Rabu (22/5/2019), Pentagon sebelumnya sempat menuturkan bahwa lembaga AATIP itu sudah ditutup pada 2012 silam.

Namun juru bicara Christopher Sherwood mengatakan AATIP masih ada, dan terus melakukan penelitian tentang adanya laporan penampakan UFO di masyarakat.

"Pentagon selalu mempertahankan identifikasi positif semua pesawat, termasuk juga adanya benda asing yang bisa mengancam tanah air ini," terang Sherwood.

Dia menerangkan Pentagon melalui AATIP bakal terus menyelidiki laporan adanya pesawat asing di langit AS untuk memastikan keamanan tanah air ini dan melindungi kepentingan strategis.

Nick Pope yang secara rahasia menyelidiki UFO bersama pemerintah Inggris pada 1990-an menyebut pernyataan Pentagon sebagai "pengakuan yang mengejutkan".

Mantan pejabat pertahanan Inggris itu mengutarakan pernyataan Pentagon sebelumnya ambigu dan membuka kemungkinan spekulasi AATIP hanya fokus kepada ancaman seperti rudal atau jet tempur.

"Pernyataan terakhir sudah menegaskan bahwa mereka benar-benar mempelajari laporan publik tentang keberadaan UFO," ujar Pope yang kini menjadi penulis itu.

Dia menuturkan komentar Pentagon juga menunjukkan pengaruh Inggris karena "Fenomena Langit Asing (UAP)" merupakan cara mereka memisahkan diri dari kebudayaan pop yang menyebut UFO.

Keberadaan AATIP muncul pada 2017 bersama dengan video 33 detik memperlihatkan sebuah benda langit asing dikejar dua jet tempur AS di pesisir San Diego di 2004.

Saat itu, mantan Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid menyebut dia menyetujui dana 22 juta dollar AS, sekitar Rp 318,2 miliar, sebagai anggaran tahunan AATIP.

Kepada New York Times, politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan persetujuan anggaran itu merupakan "keputusan paling baik yang dibuatnya selama menjabat".

Adapun kediaman Reid di Nevada merupakan rumah bagi fasilitas militer rahasia bernama "Area 51" yang sudah lama dirumorkan menjadi tempat penyimpanan alien yang jatuh di Roswell, New Mexico, pada 1947.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/23/16433831/pentagon-akui-masih-menyelidiki-keberadaan-penampakan-ufo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke