Salin Artikel

Saat Kampanye, Pemimpin Partai Brexit di Inggris Dilempari "Milkshake"

Perbuatannya kemudian menginspirasi seorang lainnya yang juga ingin menimpuk Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Aksi pelemparan kepada politisi kembali terjadi, kali ini di Inggris. Pemimpin Partai Brexit Nigel Farage dilempari minuman milkshake oleh seorang pria.

Reuters mewartakan pada Selasa (21/5/2019), Farage merupakan salah satu tokoh terkemuka yang mendukung Inggris keluar dari Uni Eropa.

Dia ditimpuk dengan milkshake ketika mengikuti acara kampanye pemilu Parlemen Eropa di Newcastle.

Sebelumnya, sejumlah tokoh anti-Uni Eropa juga pernah disiram minuman oleh para pemrotes jelang pemungutan suara pada Kamis mendatang.

Kepolisian Northumbria menyatakan, seorang pria berusia 32 tahun bernama Paul Crowther dijadwalkan hadir di pengadilan pada Selasa setelah melempar milkshake ke Farage.

"Sekitar pukul 01.00 malam, seorang pria berusia 55 tahun dilempari milkshake di pusat kota," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Pria berusia 55 tahun tersebut merujuk kepada Farage.

"Seorang pria berusia 32 tahun ditahan di tempat kejadian dan ditangkap oleh polisi," ujar pihak berwenang.

Menurut jajak pendapat, Partai pro-Brexit yang baru dibentuk itu diprediksi memenangkan dukungan terbesar di Inggris pada pemilu akhir pekan ini.

Partai tersebut berjanji untuk membawa negara itu keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan.

"Sedihnya beberapa orang (yang ingin Inggris tetap di Uni Eropa) menjadi teradikalisasi, kampanye normal menjadi tidak mungkin," kicau Farage setelah insiden yang menimpanya.

Farage merupakan seorang mantan pialang komoditas yang memainkan peran penting dalam membujuk partai-partai politik arus utama Inggris untuk mengadakan referendum meninggalkan Uni Eropa pada 2016.

Dia kemudian meyakinkan para pemilih untuk mendukung Brexit selama kampanye berikutnya.

Inggris masih sangat terpecah terkait Brexit dan parlemen tidak dapat menyetujui kapan, bagaimana atau apabila negara harus meninggalkan Uni Eropa.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/21/16004021/saat-kampanye-pemimpin-partai-brexit-di-inggris-dilempari-milkshake

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke