Salin Artikel

Saudi Buka Kembali Pipa Minyak Utama yang Diserang "Drone" oleh Houthi

Serangan pada Selasa (14/5/2019) di pipa Provinsi Timur itu diklaim oleh kelompok pemberontak di Yaman yang didukung Iran, Houthi.

Diwartakan kantor berita AFP, Kamis (16/5/2019), pejabat dari perusahaan minyak Aramco mengatakan jaringan Wast West Pipeline telah beroperasi penuh.

Serangan dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat antara AS dan Iran, setelah AS mengirim pasukan untuk menanggapi sabotase misterius terhadap kapal-kapal di wilayah Teluk.

Pipa yang memompa 5 juta barel minyak mentah setiap hari itu merupakan rute alternatif strategis untuk ekspor Saudi, apabila jalur pengiriman dari Teluk melalui Selat Hormuz ditutup.

Iran telah berulang kali mengancam akan menutup selat tersebut jika terjadi konfrontasi militer dengan AS.

Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Khalid bin Salman menuduh Iran memerintahkan serangan terhadap saluran pipa, sebuah tindakan yang dia klaim sebagai serangan teroris.

"Serangan oleh milisi Houthi yang didukung Iran terhadap dua stasiun pompa Aramco membuktikan milisi ini hanyalah alat yang digunakan rezim Iran untuk mengimplementasikan agenda ekspansionisnya di kawasan," kicuanya di Twitter.

Sebagai tindakan balasan, koalisi pimpinan Saudi mengkonfirmasi bahwa pesawat tempurnya telah melancarkan serangan ke wilayah di Yaman yang dikuasai pemberontak, pada Kamis (16/5/2019).

Sementara, Houthi mengatakan serangan itu untuk membalas tindakan Saudi di Yaman.

Saudi dan sekutu-sekutunya campur tangan di negara paling miskin di dunia Arab itu pada 2015 untuk mendukung pemerintahan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

Pasukan yang didukung koalisi telah merebut kembali sebagian besar wilayah selatan, tapi ibu kota dan dataran tinggi tengah yang padat tetap dikuasai pemberontak.

Lebih dari empat tahun konflik tersebut telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, seperti apa yang telah dilukiskan oleh PBB.

Lebih dari 24 juta orang atau sekitar dua pertiga populasi membutuhkan bantuan.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/17/07295861/saudi-buka-kembali-pipa-minyak-utama-yang-diserang-drone-oleh-houthi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke