Salin Artikel

Dua Dokter Asal Kuba Diculik di Kenya, Penculik Minta Tebusan Rp 21 Miliar

Para penculik yang diduga adalah anggota kelompok militan Al-Shabaab meminta uang tebusan sebesar 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 21,6 miliar.

Dilansir AFP, kedua dokter itu, yakni seorang dokter umum dan seorang dokter bedah, diculik saat dalam perjalanan bekerja pada 12 April lalu di Mandera, dekat perbatasan dengan Somalia.

Para penculik yang datang dengan membawa senjata api menembak mati satu dari dua petugas polisi yang mengawal para dokter itu.

Para penculik kemudian membawa kedua tawanannya pergi ke arah Somalia.

Terkait kasus ini, pemerintah Kenya telah bekerja sama dengan pemerintah Somalia untuk menemukan kedua dokter, yang diidentitasnya belum dipublikasikan.

Menurut seorang pejabat tinggi Kenya di Mandera, para penculik telah mengajukan permintaan uang tebusan untuk nyawa kedua dokter tersebut.

"Jumlah tebusan yang diminta sebesar 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 21,6 miliar). Itu yang mereka inginkan," kata pejabat yang berbicara dengan syarat anonimitas itu, dikutip AFP, Kamis (16/5/2019).

Seorang perwira polisi senior mengatakan kepada AFP bahwa permintaan tebusan telah disampaikan, namun menolak memberi penjelasan lebih lanjut.

Sementara menurut juru bicara kepolisian Kenya, Charles Owino, pihaknya tidak memiliki informasi terkait permintaan tebusan tersebut.

Sejumlah sumber mengatakan jika kedua dokter yang diculik diyakini menyediakan layanan medis di Somalia.

Kedua dokter itu merupakan bagian dari kelompok 100 orang Kuba yang menuju Kenya pada tahun lalu untuk meningkatkan layanan kesehatan di negara itu.

Sumber kepolisian Kenya mengatakan, kasus penculikan tersebut memiliki ciri khas kelompok militan Al-Shabaab, yang melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah Somalia selama lebih dari satu dekade.

November lalu, sebuah kelompok bersenjata telah menangkap seorang relawan asal Italia, Silvia Romano (23), di kota Chakama, Kenya tenggara. Keberadaan Romano tidak diketahui hingga kini.

Polisi pada saat itu telah memperingatkan adanya dugaan keterlibatan kelompok Al-Shabaab, yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, dalam penculikan itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/16/18430271/dua-dokter-asal-kuba-diculik-di-kenya-penculik-minta-tebusan-rp-21

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke