Salin Artikel

Wilayah Teluk Memanas, Putra Mahkota Abu Dhabi Temui Presiden Mesir

Pertemuan itu digelar di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Teluk.

Laporan kantor berita AFP menyebutkan, kedua belah pihak membahas soal situasi terbasu di kawasan Teluk sehubungan dengan serangan sabotase terhadap empat kapal di perairan Uni Emirat Arab.

Selain itu, mereka juga membicarakan serangan drone pada dua stasiun pompa minyak di Arab Saudi.

Serangan terhadap kapal dan fasilitas minyak pada pekan ini terjadi ketika Amerika Serikat dan Iran tetap terkunci dalam kebuntuan konflik.

"Presiden menyatakan solidaritas penuh Mesir dengan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi dalam menghadapi semua upaya untuk merusak keamanan dan stabilitas kedua negara," ujar juru bicara Sisi, Bassam Rady, seperti dikutip dari Reuters.

Di front bilateral, UEA telah menjadi pendukung regional Sisi sejak militer menggulingkan presiden Mohamed Morsi pada 2013.

Serangan pesawat tanpa awak atau drone yang diklaim pemberontak Yaman Houthi telah memicu penutupan salah satu jaringan pipa utama Saudi pada Selasa (14/5/2019).

Dua stasiun itu terletak di East West Pipeline, yang mampu memompa lima juta barel minyak sehari dari Provinsi Timur yang kaya minyak ke pelabuhan di Laut Merah.

Iran telah berulang kali mengancam akan menutup saluran vital pasokan minyak global jika terjadi konfrontasi militer dengan Amerika Serikat.

Kelompok Houthi di Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan pipa, dengan menyebutnya sebagai respons terhadap kejahatan Saudi di sekutunya.

Sementara kapal tanker Saudi Al-Marzoqah dan Amjad mengalami kerusakan signifikan dalam serangan sabotase.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/16/08300021/wilayah-teluk-memanas-putra-mahkota-abu-dhabi-temui-presiden-mesir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke