Salin Artikel

Trump Sebut China Berharap Joe Biden Menangi Pilpres AS 2020

Trump mengatakan, Beijing sangat berharap pilpres AS 2020 dapat dimenangi oleh kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden.

"China memimpikan Sleepy Joe Biden, atau yang lainnya, akan terpilih pada tahun 2020," kata Trump dalam twitnya, Minggu (12/5/2019) malam.

"Mereka (China) sangat senang mencerai-berai Amerika," tambahnya.

Dilansir New York Post, Trump berulang kali mengkritik mantan wakil presiden era pemerintahan Barack Obama itu yang dianggapnya terlalu bersikap lunak terhadap China.

Komentar Trump itu datang setelah AS baru saja gagal mencapai kesepakatan dalam pembicaraan perdagangan dengan China, pekan lalu.

"China tidak seharusnya mengajukan negosiasi ulang kesepakatan dengan AS pada menit terakhir," kata Trump dalam unggahannya, Jumat (10/5/2019).

"Ini bukanlah Pemerintahan Obama, atau Pemerintahan Sleepy Joe, yang akan membiarkan China lolos dengan 'pembunuhan'," tambah presiden berusia 74 tahun itu.

"China akan mengambil makan siang kita? Yang benar saja, bung," kata Biden dalam kampanyenya awal bulan ini, sepekan setelah mantan wakil presiden itu mengumumkan maju sebagai kandidat calon presiden AS dari Partai Demokrat.

"Mereka (China) tidak bisa mengetahui bagaimana mereka akan berurusan dengan korupsi yang ada di dalam sistem. Maksud saya, mereka bukanlah orang jahat. Tapi coba tebak? Mereka bukan kompetisi bagi kita," kata Biden.

Suasana menjelang pilpres AS 2020 telah mulai memanas, dengan nama-nama kandidat yang telah bermunculan.

Trump sebelumnya sempat mengatakan bahwa ada dua nama dari Partai Demokrat yang paling berpeluang untuk menjadi saingannya dalam pilpres AS mendatang, yakni Joe Biden dan Bernie Sanders.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/13/17580701/trump-sebut-china-berharap-joe-biden-menangi-pilpres-as-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke