Salin Artikel

Mahathir Ungkap Dia Hanya 3 Tahun Menjabat sebagai PM Malaysia

Ketika menenangkan pemilu pada 9 Mei 2018 lalu, Mahathir sepakat bakal menyerahkan jabatan perdana menteri kepada Anwar setelah dua tahun berkuasa.

Namun dikutip The Star Kamis (9/5/2019) meminta supaya kursi orang nomor satu Malaysia itu diserahkan kepada Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) dalam waktu setahun.

Dalam konferensi pers dengan media asing, Mahathir mengungkapkan nantinya dia yang akan menangani sebagian besar masalah negara dalam waktu dua tahun.

"Nantinya pengganti saya tisak akan kesulitan dalam mengelola sisanya," terang Mahathir. Jurnalis asing kemudian menanyakan apakah benar dia hanya berkuasa selama dua tahun.

"Saya tidak tahu apakah bakal menjabat selama dua tahun atau tiga tahun. Yang jelas status saya adalah perdana menteri sementara," tegas Mahathir.

Menurut PM berjuluk Dr M itu, aalah satu problem yang tengah diselesaikan oleh pemerintahan Pakatan Harapan selama 12 bulan terakhir adalah korupsi.

Mahathir menuturkan pemerintahan terdahulu milik Najib Razak sangatlah korup. Dia kemudian mengklaim korupsi saat ini sudah menurun sangat jauh.

"Jadi, pada tahun ini saya kira pemerintahan Pakatan bakal fokus kepada isu peningkatan ekonomi," kata Mahathir yang bakal berulang tahun ke-94 Juli nanti.

Pakatan menyatakan pemerintahan Najib dan Barisan Nasional meninggalkan utang negara hingga 1,1 triliun ringgit, atau sekitar Rp 3.798 triliun.

Sejumlah sektor yang dianggap menimbulkan korupsi menumpuk adalah proyek East Coast Rail Link yang dinegosiasikan ulang dan menangguhkan proyek High-Speed Rail ke Singapura.

Meski begitu, Mahathir mengaku ada janji yang tidak bakal bisa dia tepati karena kendala keuangan dan perlunya amendemen dalam konstitusi negara.

"Karena itu, kami butuh setidaknya dua per tiga di parlemen dan membutuhkan dukungan dari oposisi," terang Mahathir yang pernah berkuasa pada 1981-2003 itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/10/09581311/mahathir-ungkap-dia-hanya-3-tahun-menjabat-sebagai-pm-malaysia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke