Salin Artikel

Maduro Peringatkan Peluang Terjadi Eskalasi Militer dengan Kolombia

"Ada peningkatan pernyataan yang bisa berakhir dengan eskalasi militer di perbatasan, yang dapat melibatkan pasukan kriminal Kolombia melawan Venezuela," kata Maduro dalam pidato di hadapan pendukungnya, Rabu (8/5/2019).

"Semua ini adalah bagian dari rencana imperialisme Amerika Serikat," tambah Maduro, dikutip AFP.

Pernyataan Maduro tersebut disampaikan dalam pidato yang disiarkan televisi nasional Venezuela, menyusul protes Kolombia yang menyebut negara tetangganya telah melancarkan "provokasi yang berulang".

Terbaru, Kolombia mengklaim sekitar 30 personel militer Venezuela telah menyeberang ke wilayahnya.

Pasukan militer Venezuela itu baru menarik diri setelah Kolombia mengirim helikopter dan tentara ke wilayah perbatasan sebagai tanggapan atas laporan warga setempat.

Bogota dalam pernyataan militer sebelumnya, menyatakan kesiapan untuk mempertahankan integritas teritorialnya, sambil tetap berhati-hati dalam menghadapi provokasi yang jelas dan berulang yang bertujuan hanya untuk memancing tanggapan yang akan membuat Kolombia terlihat sebagai negara agresor.

Perbatasan kedua negara yang mencapai panjang hingga 2.200 kilometer sebagian besar sulit diakses dan tidak terjangkau aparat penegak hukum.

Kondisi tersebut mendorong kelompok-kelompok bersenjata, pengedar narkoba, hingga gerilyawan sayap kiri dan paramiliter beroperasi di sepanjang perbatasan.

Caracas telah memutus hubungan diplomatik dengan Bogota sejak Februari lalu setelah Kolombia menjadi salah satu dari lebih 50 negara yang mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/09/15065761/maduro-peringatkan-peluang-terjadi-eskalasi-militer-dengan-kolombia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke