Salin Artikel

Kirim "Pesan" untuk Iran, AS Berangkatkan Kapal Induk ke Timur Tengah

Pemberangkatan armada kapal perang dan pesawat pembom itu disebut sebagai bentuk pesan kepada Iran.

"Menanggapi sejumlah indikasi dan peringatan yang merisaukan dan meningkat, AS mengerahkan kelompok serang USS Abraham Lincoln dan satuan tugas pembom ke wilayah Komando Pusat AS," ujar Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, Minggu (5/5/2019).

Bolton menyebut pesan yang ditujukan kepada Iran "sangat jelas dan tidak dapat disalahartikan", bahwa setiap serangan terhadap kepentingan AS maupun sekutunya akan ditanggapi dengan kekuatan penuh dan tanpa henti.

"AS tidak mencari peperangan dengan rezim Iran, tetapi kami sepenuhnya siap untuk menanggapi serangan apa pun, baik yang dilancarkan perwakilan, pasukan Garda Revolusi, maupun pasukan reguler Iran," tambah Bolton, dikutip AFP.

Pernyataan yang disampaikan Bolton tidak secara khusus menyebutkan alasan pemberangkatan kapal induk penyerang tersebut.

Namun demikian, pengiriman kapal induk itu terjadi bersamaan dengan meningkatnya kekerasan dan konflik di Gaza antara gerilyawan Hamas dengan Israel, yang disebut terburuk sejak peperangan 2014.

Penempatan kapal induk dan unit pembom tersebut juga dilakukan di tengah peningkatan ketegangan antara Washington dengan Teheran terkait program nuklir Iran, di mana AS membidik ekspor uranium negara itu dengan sanksi baru.

Kelompok serang yang diberangkatkan AS tersebut, dilansir Fox News, termasuk kapal induk USS Abraham Lincoln, kapal jelajah rudal USS Leyte Gulf dan kapal perusak dari Skuadron 2.

Pemberangkatan kelompok penyerang itu dilakukan pada 1 April lalu dari pangkalan Angkatan Laut Norfolk, di bawah komando Laksamana Muda John Wade.

Pengerahan kelompok kapal perang itu terjadi kurang dari sebulan setelah pemerintah Trump menyebut pasukan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris.

Bulan lalu, Angkatan Udara AS juga telah mengerahkan jet tempur F-35 ke wilayah Timur Tengah, yang dilanjutkan dengan misi penyerangan ke markas ISIS pekan lalu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/05/06/13093521/kirim-pesan-untuk-iran-as-berangkatkan-kapal-induk-ke-timur-tengah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke