Salin Artikel

Klaim Temukan Jejak Yeti, AD India Malah Diledek dan Tak Dipercaya

Setelah itu, AD India mengunggah temuan itu di akun Twitter milik mereka. Namun, foto yang diduga jejak seekor yeti itu justru direspons dengan pernyataan bernada tidak percaya dan olok-olok dari para followers-nya.

Dalam unggahan tersebut, akun yang mengikuti sekitar 6 juta followers ini mengklaim jejak kaki ini merupakan yang kali pertama ditemukan oleh tentara India. Saat itu, tentara India melakukan ekspedisi pendakian gunung.

"Untuk pertama kalinya, seorang tentara India yang tergabung dalam tim ekspedisi pendakian gunung jejak kaki misterius dari binatang mistis Yeti yang berukuran 32x15 inchi dekat dengan pos Makalu pada 9 April 2019. ‘Manusia salju’ yang sulit dipahami ini terakhir ditemukan di Taman Nasional Makalu Barun pada masa lalu," tulisnya.

Pengunggahan dilakukan setelah mereka memastikan apa yang mereka temukan sesuai dengan teori tentang yeti yang sebelumnya dipublikasikan Times of India.

Alih-alih mendapatkan pujian atas hal langka yang ditemukannya, akun Twitter @adgpi justru dipenuhi komentar dari netizen yang sebagian besar tidak mempercayai temuannya.

Misalnya akun @Tarunvijay yang meminta pihak Indian Army untuk tidak menyebut Yeti sebagai seekor hewan.

"Apa yang salah dengan kalian? Lihat saja foto-foto itu, demi Tuhan. Itu bukan bipedal. Tidak bisakah kalian memanggil ahli binatang berkaki tunggal sebelum mengunggah ini? Kecuali jika Anda mengklaim yeti berjalan dengan satu kaki dan berjalan dengan melompat," tulisnya.

Selain itu, twit ini juga banyak dihiasi dengan komentar candaan para netizen. Ada yang menyebut yeti sedang pergi ke kota untuk mengikuti pemilu.

Berdasarkan penelitian DNA sampel rambut yeti yang dilakukan oleh seorang professor ahli genetika dari Oxford University, Brian Sykes, binatang mitos itu disebut merupakan sejenis beruang purba.

Lebih lanjut, ia menyebut Yeti sebagai hasil persilangan beruang kutub dan beruang coklat.


 

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/30/22013211/klaim-temukan-jejak-yeti-ad-india-malah-diledek-dan-tak-dipercaya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke