Salin Artikel

Setelah Turun Takhta, di Mana Akihito Akan Tinggal?

Meski secara teknis pergantian kaisar baru akan dimulai selepas tengah malam, namun Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko sudah harus mengosongkan Istana Kekaisaran untuk memberi jalan bagi kaisar baru dan keluarganya.

Lantas di mana Akihito dan istrinya Michiko akan tinggal selepas meninggalkan Istana Kekaisaran?

Dilansir Kyodo News, Akihito dan Michiko akan menempati Istana Togu di Akasaka, yang sebelumnya digunakan oleh keluarga putra mahkota, yang akan pindah ke Istana Kekaisaran.

Namun Istana Togu saat ini masih direnovasi sehingga mantan kaisar akan menempati tempat tinggal sementara di Tokyo, sambil menunggu selesainya proses renovasi.

Setelah direnovasi, nantinya Istana Togu akan berganti nama menjadi Istana Kekaisaran Sento, yang berfungsi sebagai tempat di mana pasangan pensiunan kekaisaran tinggal.

Tempat tinggal sementara Akihito dan Michiko adalah Takanawa Imperial Residence di kawasan Minato, Tokyo, yang sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal bagi Pangeran dan Putri Takamatsu, yang juga adalah bibi dari Akihito.

Kediaman itu telah kosong sejak 2004, usai Putri Takamatsu meninggal.

Namun kediaman itu juga memiliki makna penting bagi Akihito dan Michiko, karena penuh dengan kenangan indah karena merupakan tempat mereka membesarkan anak-anak mereka saat Akihito masih menjadi putra mahkota.

Setelah resmi turun takhta, maka tugas-tugas kekaisaran akan diserahkan kepada kaisar baru dan Akihito akan menjalani hari-hari yang bebas dan santai.

"Pasangan itu akan berdoa untuk negara dan rakyat Jepang setelah mereka pindah dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman-teman, mendengarkan musik, atau membaca," kata pejabat Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Sebelum naik takhta, Akihito adalah seorang ahli biologi laut. Dia kemungkinan masih akan sering berkunjung ke Istana Kekaisaran untuk melanjutkan penelitiannya terhadap ikan gobi. Lanjut pernyataan Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Sementara mantan permaisuri Michiko akan mengisi waktunya untuk membaca buku-buku yang sudah lama ingin dibacanya. Seperti yang sempat diucapkannya pada Oktober tahun lalu.

"Saya berharap dapat meluangkan waktu untuk membaca setiap buku yang belum saya baca," kata Permaisuri Michiko.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/30/18265411/setelah-turun-takhta-di-mana-akihito-akan-tinggal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke