Salin Artikel

Hari Ini, Kaisar Akihito Akan Resmi Turun Takhta

Upacara utama turun takhta bakal dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 waktu Jepang atau pukul 15.00 WIB petang.

Ritual utama turun takhta tersebut akan dilangsungkan di Matsu no Ma atau Ruangan Pinus, aula seluas 370 meter persegi yang paling mewah di Istana Kekaisaran.

Ruangan berlantai kayu dari pohon zelkova Jepang itu memiliki dinding yang ditutupi dengan kain bermotif daun pinus.

Ritual akan menggunakan dua dari tiga benda pusaka kerajaan, yakni pedang Kusanagi sebagai simbol keberanian dan permata Yasakani no Magatama sebagai simbol kebajikan.

Pusaka ketiga, yakni cermin Yata no Kagami sebagai simbol kebijaksanaan tidak akan ditampilkan dan tetap disimpan di tempat suci di istana.

Tiga pusaka tersebut, yang melambangkan bukti penting dari keabsahan seorang kaisar Jepang, yang dipercaya sebagai keturunan dari dewa.

Ritual turun takhta itu akan dihadiri oleh lebih dari 300 orang, termasuk para bangsawan, pemimpin pemerintahan dan parlemen, hakim tinggi, kepala pemerintah daerah, beserta pasangan mereka.

Perdana Menteri Shinzo Abe juga akan hadir sebagai perwakilan dari rakyat Jepang, yang akan menyampaikan pesan sebelum Akihito menyampaikan pidato terakhirnya sebagai seorang kaisar.

Upacara ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi kaisar untuk bertemu dengan perwakilan rakyat Jepang sebelum dia resmi turun takhta.

Meski telah menjalani ritual turun takhta, namun secara teknis Akihito akan tetap menjadi kaisar hingga tepat tengah malam.

Selepas tengah malam, Jepang akan mengakhiri era Heisei sebagai era kekaisaran Akihito, dan resmi memasuki era Reiwa dengan kaisar yang baru.

Ritual akan dilanjutkan keesokan harinya dengan upacara kenaikan takhta Putra Mahkota Naruhito ke Singgasana Krisan.

Upacara penobatan akan kembali dilangsungkan di Ruangan Pinus pada pukul 10.30 pagi waktu Jepang, atau sekitar pukul 08.30 WIB.

Selama upacara penobatan yang berlangsung singkat, kaisar baru akan mewarisi tiga pusaka kerajaan, yakni pedang, permata, dan cermin.

Namun sekali lagi, cermin pusaka tidak akan ditampilkan dan hanya diwakili seorang utusan yang akan mengucapkan doa kepada kaisar baru sebagai simbol mewarisi cermin.

Kaisar baru juga akan menerima segel kerajaan.

Setelah acara penobatan, Naruhito dijadwalkan untuk menyampaikan pidato pertamanya sebagai kaisar, di hadapan para tamu, termasuk Perdana Menteri Abe sebagai perwakilan rakyat.

Selama proses penobatan dan setelahnya, kaisar baru belum akan tampil di hadapan publik dan baru akan melakukannya pada 4 Mei mendatang dengan menyapa rakyat dari balkon istana yang dilindungi kaca.

Setelahnya kaisar baru akan kembali tampil pada 22 Oktober mendatang dalam deklarasi penobatan kaisar. Acara tersebut akan dihadiri 2.500 tamu undangan, termasuk perwakilan luar negeri dan akan dilakukan parade keliling kota Tokyo.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/30/07542171/hari-ini-kaisar-akihito-akan-resmi-turun-takhta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke