Salin Artikel

Pisau Ditemukan di Meja Cucu Kaisar Akihito, Polisi Jepang Tangkap Pria 56 Tahun

Insiden ditemukannya pisau itu terjadi di tengah persiapan turun takhtanya Kaisar Akihito pada Selasa (30/4/2019) setelah berkuasa selama 30 tahun.

Diwartakan NHK via AFP Senin (29/4/2019), pria itu diidentifikasi bernama Kaoru Hasegawa dan berusia 56 tahun. Dia dituduh masuk secara ilegal ke sekolah Hisahito.

NHK memberitakan polisi telah menanyainya setelah dia diduga menaruh pisau itu di meja. Sementara Nippon Television melaporkan Hasegawa sudah mengakui perbuatannya.

Polisi menolak berkomentar terkait penangkapan Hasegawa. Juga tidak menjelaskan motif yang melatarbelakangi Hasegawa diduga menaruh pisau itu di meja Hisahito.

Pangeran berusia 12 tahun yang mulai bersekolah pada April ini tersebut dilaporkan sedang tidak berada di kelasnya ketika pisau itu diletakkan.

Tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun kerusakan dalam insiden ini. Polisi juga tidak menemukan adanya pesan mengancam di pisau yang ditemukan.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas, seorang pria yang mengenakan seragam pekerja konstruksi memasuki tengah berjalan melintasi halaman sekolah pada siang hari.

Ancaman terhadap keluarga Kekaisaran Jepang relatif langka. Pada 1975, Akihito yang masih mejadi pangeran nyaris terkena bom molotov di Okinawa ketika terjadi sentimen anti-Kaisar.

Kaisar Akihito bakal menjadi penguasa monarki Jepang pertama yang melakukannya dalam 200 tahun terakhir sekaligus menandai berakhirnya era Heisei.

Nantinya, Putra Mahkota Naruhito bakal duduk di Takhta Chrysanthemum Rabu (1/5/2019) dalam upacara penobatan, sekaligus membuka babak baru bernama Era Reiwa.

Hisahito merupakan putra dari adik Naruhito, Pangeran Fumihito, sekaligus merupakan pewaris takhta laki-laki terakhir dari kerajaan tertua dunia tersebut.

Sukses Kekaisaran Jepang yang berusia ratusan tahun itu bakal hancur jika Hisahito tidak mempunyai putra karena Aturan Kekaisaran 1947 tidak mengizinkan perempuan naik takhta.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/29/23464861/pisau-ditemukan-di-meja-cucu-kaisar-akihito-polisi-jepang-tangkap-pria

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke