Salin Artikel

Trump Sambut Baik China dan Rusia Bantu Negosiasi Denuklirisasi Korea Utara

"Saya menghargai bahwa Rusia dan China membantu kami," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Jumat (26/4/2019).

Pernyataan Trump itu disampaikan menyusul pertemuan puncak pertama antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, pada Kamis (25/4/2019).

Pernyataan Trump tersebut turut mengindikasikan bahwa dirinya tidak melihat China maupun Rusia sebagai saingan dalam perjuangan mempengaruhi Pyongyang untuk menanggalkan persenjataan nuklirnya.

Trump juga melihat bahwa Beijing dan Moskwa memiliki tujuan yang sama dengan Washington, yakni mewujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"China membantu kami karena saya pikir mereka ingin melakukannya. Mereka tidak perlu senjata nuklir yang tepat berada di sebelah negara mereka," ujar Trump.

"Saya pikir kami melakukan hal dengan sangat baik dengan Korea Utara. Banyak kemajuan yang sedang dibuat," tambahnya.

"Saya menghargai pernyataan Presiden Putin kemarin. Dia ingin agar hal itu dilakukan juga. Saya pikir ada banyak kegembiraan untuk menyelesaikan transaksi dengan Korea Utara," kata Trump dikutip AFP.

Pertemuan Kim Jong Un dengan Trump terjadi setelah kegagalan dalam konferensi puncak Korea Utara dengan AS di Hanoi, Vietnam, Februari lalu, yang berakhir tanpa ada kesepakatan.

Sementara, Kim Jong Un yang pertama kali ke Rusia, menjadikan Putin sebagai sedikit di antara pemimpin di dunia yang pernah bertemu langsung dengan pemimpin negara tertutup itu.

Selain Putin, Kim Jong Un juga dikenal akrab dengan Presiden China Xi Jinping. Beberapa kali Kim Jong Un berkunjung ke China menggunakan kereta api lapis baja miliknya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/26/22251341/trump-sambut-baik-china-dan-rusia-bantu-negosiasi-denuklirisasi-korea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke