Salin Artikel

Joe Biden Resmi Umumkan Maju dalam Pilpres AS 2020

Biden akan maju sebagai kandidat yang bergabung dengan Partai Demokrat, bersama dengan para kandidat lainnya dari partai yang sama.

Pengumuman tersebut disampaikan mantan wakil Barack Obama itu melalui akun resmi media sosial Twitter miliknya, @JoeBiden, pada Kamis (25/9/2019), yang turut menyertakan sebuah video.

Dalam video yang diunggahnya, Biden mengatakan presiden AS saat ini, Donald Trump, sedang berupaya mengubah karakter bangsa Amerika Serikat.

"Nilai-nilai utama bangsa ini, kedudukan kita di dunia, demokrasi kita, semua yang telah membuat Amerika, saat ini sedang dipertaruhkan."

"Itulah sebabnya, hari ini saya mengumumkan pencalonan saya untuk Presiden Amerika Serikat," tulis Biden, Kamis (25/4/2019).

Politisi berusia 76 tahun itu akan bersaing dengan 19 calon Demokrat lainnya, termasuk Senator Elizabeth Warren, Kamala Harris, dan Bernie Sanders.

Dilansir BBC, Biden disebut sebagai kandidat Demokrat paling berpengalaman.

Selain sempat menjabat sebagai wakil presiden di era Barack Obama selama dua periode, Biden juga pernah menjabat sebagai senator selama enam masa jabatan. Dia juga sempat maju untuk pemilihan presiden pada 1988 dan 2008.

Biden sempat disebut akan maju lagi pada 2016, tetapi batal terlaksana setelah kematian putranya, Beau, akibat tumor otak.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/25/18260821/joe-biden-resmi-umumkan-maju-dalam-pilpres-as-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke