Salin Artikel

Joe Biden Dikabarkan Bakal Umumkan Maju Pilpres AS Pekan Depan

Biden (76), disebut akan menyampaikan pernyataan resminya melalui video yang akan dirilis pada Rabu (24/4/2019). Demikian menurut sejumlah media AS.

Jika telah resmi mencalonkan diri, Biden disebut akan meraih posisi terdepan sebagai calon dari Partai Demokrat dan akan berhadapan dengan Donald Trump dalam pemilihan presiden AS pada 2020.

NBC News dan beberapa media AS lainnya melaporkan bahwa lamanya Senator Delaware itu membuat keputusan untuk pencalonan hanyalah formalitas.

Para pengamat melihat sosok Biden sebagai politisi Demokrat yang sederhana dan merakyat, yang memiliki keterkaitan dengan pemilih dari kelas pekerja, seperti mereka yang meninggalkan Hillary Clinton untuk Trump pada pemilihan 2016.

Menurut hasil jajak pendapat yang dirilis Real Clear Politics, pada Selasa (16/4/2019), Biden disebut memimpin dengan 31 persen dukungan dari orang-orang yang ditanya tentang siapa sosok yang disukai dalam pemilihan primer Demokrat.

Sementara Bernie Sanders menempati posisi kedua dengan dukungan 23 persen. Di belakang mereka berdua, ada nama-nama seperti Kamala Harris, Beto O'Rourke, dan Pete Buttigieg.

Namun Biden tetap memimpin dalam jajak pendapat lain yang beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, pada Desember lalu, Biden sempat memunculkan spekulasi akan pencalonannya setelah menyebut bahwa dirinya adalah orang yang paling tepat untuk menjadi presiden AS saat ini.

"Saya pikir diri saya adalah orang yang paling memenuhi kualifikasi di negara ini untuk menjadi presiden," kata Biden kepada surat kabar lokal, Missoula Current.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat dia berada di Montana, pada 3 Desember 2018.

Laporan Wall Street Journal, pada Maret lalu, juga menyebut Biden telah menghubungi para konglomerat pendukungnya tentang rencana maju dalam pemilihan.

Biden disebut meminta bantuan dari para taipan AS untuk mengumpulkan dana kampanye agar dapat bersaing dengan calon Demokrat lainnya.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/20/13532091/joe-biden-dikabarkan-bakal-umumkan-maju-pilpres-as-pekan-depan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke