Salin Artikel

Sebabkan Kebakaran Hutan, Dua Pemuda Italia Didenda Rp 427 Miliar

Kedua pemuda tersebut, yang berusia 22 tahun, telah bersalah menyebabkan kebakaran hutan yang disebabkan bara dari barbekyu yang dinyalakan keduanya saat bersama teman-temannya di dekat Danau Como, Italia utara pada 30 Desember, untuk merayakan tahun baru.

Hasil temuan investigasi menemukan bahwa bara api dari barbekyu itulah yang kemudian menyebabkan kebakaran yang menghanguskan hingga 1.000 hektar lahan hutan.

Kebakaran juga diketahui menghancurkan beberapa bangunan, termasuk satu di antaranya yang menyebabkan sejumlah hewan peliharaan mati. Demikian diberitakan harian La Repubblica.

Dilansir AFP, besaran denda yang dijatuhkan kepada kedua pemuda tersebut telah melalui perhitungan sesuai dengan rumus yang disahkan satu dekade lalu untuk menentukan hukuman finansial berdasarkan skala kerusakan akibat kebakaran.

Salah satu pemuda, mengatakan bahwa mereka berdua telah menjadi "kambing hitam" atas musibah kebakaran tersebut.

Berbicara kepada surat kabar Italia, La Stampa, dia mengaku meminta maaf atas insiden kebakaran yang terjadi, namun dia mengatakan bahwa ada banyak sumber yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami hanya menjadi kambing hitam atas insiden kebakaran yang tidak bisa dijelaskan. Kami adalah korban sesungguhnya."

Tidak jelas bagaimana kedua pemuda itu diharapkan akan membayar denda. Namun pihak pengacara masih memiliki waktu tiga pekan untuk mengajukan banding terkait putusan denda di pengadilan administratif.

Kebakaran yang melanda hutan di Monte Berlinghera pada akhir Desember lalu itu berlangsung selama beberapa hari dan menghanguskan lahan seluas 1.000 hektar.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/18/13152901/sebabkan-kebakaran-hutan-dua-pemuda-italia-didenda-rp-427-miliar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke