Salin Artikel

Serpihan Jet Tempur F-35 Jepang Ditemukan, Pilot Masih Hilang

Temuan tersebut semakin menguatkan dugaan bahwa pesawat telah jatuh. Namun kondisi pilot hingga saat ini belum diketahui.

"Kami telah menemukan bagian ekor pesawat. Kami percaya bahwa (pesawat) itu telah jatuh. Tetapi belum ada kabar tentang nasib seorang pilot yang ada di pesawat," kata Menteri Pertahanan Jepang Takesi Iwaya, dikutip AFP, Rabu (10/4/2019).

Jet tempur F-35A milik Pasukan Bela Diri Udara Jepang dilaporkan hilang dari radar pada Selasa (9/4/2019) malam, sekitar pukul 19.30 waktu setempat setelah terbang dalam misi latihan malam di 135 kilometer timur Misawa, Jepang timur laut.

Pesawat hilang kontak dengan markas sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa bersama dengan tiga pesawat tempur lainnya.

Sebelumnya, menteri pertahanan mengatakan kepada awak media di Tokyo bahwa mereka segera menggelar operasi pencarian dan penyelamatan terhadap pilot setelah menerima kabar hilangnya pesawat.

"Untuk saat ini, kami bakal mencurahkan perhatian sepenuhnya untuk keselamatan pilot," kata Iwaya saat ditanyakan penyebab jet tempur itu menghilang.

Iwaya melanjutkan hingga insiden ini selesai diselidiki, seluruh jet tempur F-35 yang berada di Pangkalan Misawa tak akan diterbangkan.

Jepang membeli jet tempur F-35A yang masing-masing berharga lebih dari 10 miliar yen (Rp 1,2 triliun), untuk menggantikan pesawat F-4 yang sudah mulai usang.

F-35A yang dipunyai Jepang merupakan jet tempur dengan lepas landas dan mendarat secara konvensional, serta paling kecil yang diproduksi pabrikan Lockheed Martin.

Negeri Matahari Terbit telah membentuk skuadron pertama F-35 yang ditempatkan di Misawa dengan armada 13 unit pada 26 Maret lalu.

Ke depan, Tokyo berencana untuk membentuk skuadron berisi 147 unit jet tempur F-35, dengan 105 di antaranya merupakan varian F-35A.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/10/09441081/serpihan-jet-tempur-f-35-jepang-ditemukan-pilot-masih-hilang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke