Salin Artikel

Suriah: Garda Revolusi Iran Dianggap Kelompok Teroris adalah Pengakuan dari AS

Damaskus menyebut keputusan AS tersebut sebagai langkah tidak bertanggung jawab, namun juga menyebutnya sebagai bentuk pengakuan AS terhadap pasukan pelindung dan pembela rezim ulama Iran tersebut.

Diberitakan kantor berita Arab Suriah, SANA, yang mengutip sebuah sumber dari kementerian luar negeri, mengatakan bahwa tindakan AS pada Senin (8/4/2019) itu merupakan bentuk "serangan terang-terangan" terhadap kedaulatan Iran, yang juga sekutu dekat Suriah.

"Tetapi langkah tidak bertanggung jawab itu juga menjadi pengakuan AS atas peran penting pasukan Garda Revolusi dalam membela kedaulatan dan kemerdekaan Iran dalam perlawanannya terhadap AS dan juga Israel," tulis SANA, mengutip sumber.

"Langkah AS bisa menjadi sebuah lambang kehormatan (bagi Iran)," lanjut sumber kementerian luar negeri Suriah, dikutip SANA.

Presiden AS Donald Trump, pada Senin (8/4/2019), telah mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan menyebut Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris yang secara aktif berpartisipasi dalam keuangan dan mempromosikan terorisme sebagai alat kenegaraan.

"Garda Revolusi Iran adalah sarana utama Teheran dalam mengarahkan dan melaksanakan kampanye terorisme globalnya," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Langkah AS ini menjadi pertama kalinya bagi Washington yang menerapkan penunjukan itu kepada bagian dari pemerintah asing yang bukan merupakan kelompok gerilya maupun entitas informal lainnya.

Iran telah menjadi sekutu kuat pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, selama terjadinya perang saudara di negara itu, serta berperan penting dalam upaya mencapai perdamaian di Suriah bersama Rusia dan Turki.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/09/07444311/suriah-garda-revolusi-iran-dianggap-kelompok-teroris-adalah-pengakuan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke