Salin Artikel

Garda Revolusi Iran Dianggap Organisasi Teroris, PM Israel: Terima Kasih Trump Temanku

Dalam keterangan resminya, Netanyahu menyambut positif keputusan yang dibuat oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump itu.

"Terima kasih temanku Presiden Trump karena sudah mendeklarasikan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris," ujar Netanyahu dikutip AFP Senin (8/4/2019).

"Terima kasih karena sudah merespon permintaan penting lain yang saya ajukan, yang mencerminkan kepentingan negara kami dan kawasan Timur Tengah," lanjutnya.

Iran merupakan musuh utama Israel, dengan Netanyahu sangat menentang perjanjian nuklir dengan Teheran yang dibuat pada 2015 silam.

Tel Aviv menyatakan cabang elite militer Iran tersebut beroperasi di Suriah dengan mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Israel pun mengerahkan jet tempurnya dan membombardir wilayah Suriah dalam upaya mengnancurkan fasilitas Garda dan sekutunya, Hezbollah.

Sebelumnya dalam penjelasannya, Trump berkata deklarasi itu mengakui fakta Iran tak hanya merupakan negara yang mendukung aksi teror.

Namun Garda Revolusi dianggap juga berperan secara aktif dengan mendanai dan terlibat dalam terorisme sebagai kepanjangan tangan negara.

Deklarasi Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris itu bakal berlaku mulai pekan depan, dan memberi kesempatan Washington menjatuhkan sanksi.

Melalui deklarasi itu, segala aset Garda yang berada di bawah yurisdiksi AS bakal dibekukan, demikian laporan dari Sky News.

Setiap orang dilarang berbisnis dengan mereka. Jika ada yang ketahuan berhubungan dengan Garda, individu itu bakal dilarang masuk AS.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/09/05000031/garda-revolusi-iran-dianggap-organisasi-teroris-pm-israel--terima-kasih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke