Salin Artikel

India Disebut Tidak Jatuhkan Satu Pun Jet Tempur F-16 Pakistan

Laporan yang dirilis oleh Foreign Policy itu menyatakan pejabat Kementerian Pertahanan AS telah datang dan menghitung sendiri jumlah armada F-16 Pakistan.

Mengutip dua sumber internal Pentagon seperti dilansir AFP Senin (8/4/2019), personel datang atas undangan langsung yang dilayangkan Pakistan.

Personel itu pun melakukan penghitungan setelah Pakistan melakukan bantahan, dan didapati tidak ada jet tempur F-16 yang menghilang.

Pernyataan itu bertolak belakang dari Marsekal Madya India RGK Kapoor yang mengklaim mereka menembak jatuh F-16 Pakistan dalam pertempuran 27 Februari lalu.

Dalam laporan Foreign Policy, pada klausul perjanjian penjualan senjata AS diizinkan untuk secara teratur melakukan peninjauan peralatan tempur itu.

Karena ada beberapa pesawat yang saat itu tidak ada, dibutuhkan waktu beberapa pekan bagi pejabat AS itu untuk memastikan F-16 Pakistan.

"Kini, penghitungan sudah selesai dilaksanakan. Seluruh jet tempur F-16 Pakistan sudah dihadirkan dan dinyatakan lengkap," ujar sumber tersebut.

Namun, Angkatan Udara India (IAF) mempunyai bukti bahwa jet tempur multiperan yang diproduksi pabrikan General Dynamics itu ditembak jatuh.

Media lokal India yang mengutip sumber IAF memberitakan, terdapat komunikasi radio dari AU Pakistan yang menyatakan salah satu F-16 mereka tidak kembali ke pangkalan.

Juru bicara AU Pakistan Asif Ghafoor mengatakan kebenaran bakal tersingkap pada waktunya dan meminta India agar mengakui telah membuat klaim palsu.

Tidak dijelaskan berapa banyak F-16 yang dipunyai Pakistan. Namun, terdapat laporan bahwa Islamabad mempunyai setidaknya 70-80 unit.

Dalam pertempuran udara itu, Pakistan juga mengklaim menumbangkan dua jet tempur India. Namun, New Delhi mengonfirmasi hanya satu.

Pertempuran itu merupakan respons dari ketegangan dua negara tetangga di Asia Selatan itu buntut bom bunuh diri di Kashmir Februari lalu.

Bom bunuh diri yang kemudian diklaim oleh kelompok Jaish-e-Mohammed (JeM) tersebut menewaskan 40 anggota paramiliter India.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/08/23485661/india-disebut-tidak-jatuhkan-satu-pun-jet-tempur-f-16-pakistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke