Salin Artikel

Biografi Tokoh Dunia: Raphael, Pelukis Terhebat Zaman High Renaissance

Bersama seniman Italia lainnya Michelangelo dan Leonardo da Vinci, Raphael membentuk trinitas seni terhebat pada periode itu.

Lukisannya yang paling terkenal adalah Madonna. Termasuk Madonna yang ada di Kapel Sistine, serta komposisi besar di Istana Vatikan di Roma.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari salah satu pelukis besar Italia ini.

1. Masa Kecil
Raphael lahir pada 6 April 1483 di Urbino, dan merupakan putra dari Giovanni Santi, seorang seniman yang bekerja bagi Duke, dan Magia.

Pada 1491 ketika Raphael berusia delapan tahun, sang ibu meninggal yang kemudian disusul ayahnya pada 1 Agustus tiga tahun kemudian.

Yatim piatu, Raphael dibesarkan oleh pamannya Bartolomeo yang merupakan pendeta. Setelah itu, Raphael tinggal bersama ibu tirinya.

Bersama, keduanya mulai menghidupkan bengkel lukis milik Giovanni. Bakat Raphael yang menonjol segera menobatkannya sebagai seniman termasyur di Urbino.

Saat remaja, dia pernah dipercaya bertanggung jawab atas lukisan Gereja Santo Nicola yang berlokasi di kota tetangga Castello.

Kepiawaian Raphael kemudian didengar Pietro Perugino. Seorang seniman hebat yang tinggal di Perugia, kawasan Region Umbria, Italia tengah.

Dia mengundang Raphael untuk berguru kepadanya pada 1500 yang mendapat jawaban positif, Raphael bertolak ke Perugia pada 1500.

Di Perugia, dia belajar dengan Perugino selama empat tahun di mana dia mendapatkan kesempatan baik pengetahuan maupun pengalaman di lapangan.

Selama periode pembelajaran itu, Raphael mengembangkan teknik melukisnya yang unik. Antara lain Mond Crucifixion (1502) maupun Marriage of the Virgin (1504).

2. Pengaruh dari Firenze
Selepas empat tahun, Raphael meninggalkan Perugino dan bertolak menuju kawasan Italia utara. Di sana, dia hidup secara nomaden di Firenze pada 1504.

Selama tinggal di Firenze, Raphael mendapat pengaruh kuat dari seniman besar lain seperti Fra Bartolomeo dan Da Vinci yang kebetulan berada di sana antara 1500-1506.

Dengan memperhatikan cara kerja mereka secara khusus, Raphael mengembangkan gaya personal yang lebih ekspresif daripada lukisan terdahulu.

Selama tiga tahun mulai 1504 hingga 1507, dia melukis serangkaian Madonna yang merupakan ekstrapolasi dari karya Da Vinci.

Eksperimen Raphael akan tema Madonna memuncak pada 1507 ketika dia melukis La belle jardinière. Di tahun yang sama, dia memulai proyek ambisius The Entombment.

Setahun kemudian, dia pindah ke Roma dan mengerjakan lukisan Vatican Stanze (Ruang) di bawah pengawasan langsung Paus Julius II.

Kemudian pada 1509-1511, Raphael menelurkan karya yang kelak bakal dinobatkan sebagai salah satu seni terhebat pada masa High Renaissance.

Antara lain serangkaian fresco The Triumph of Religion dan School of Athens yang berlokasi di Stanza della Signatura menggunakan filosofi humanistik.


3. Arsitektur
Pada 1514, Raphael sudah memantapkan posisi sebagai seniman terkenal di Roma, dan membuatnya mampu menggaji asisten untuk membantunya menyelesaikan lukisan.

Dia kemudian merambah bidang arsitektur setelah arsitek Donato Bramante meninggal di tengah upayanya untuk menyelesaikan Basilika Santo Petrus.

Raphael yang didapuk sebagai kepala arsitek kemudian mendesain kapel di Sant' Eligio degli Oreici, dan Kapel Santa Maria del Popolo di Roma.

Pada 1515, Raphael mendapat kehormatan ketika dipercaya sebagai Prefek yang bertugas mengurus berbagai peninggalan sejarah di seluruh Roma.

Desain Raphael tidak hanya digunakan di bangunan keagamaan. Namun juga istana dengan menggabungkan akhir Renaissance dengan awal Baroque.

4. Kematian
Pada 6 April 1520, Raphael secara mengejutkan dikabarkan meninggal di usia 37 tahun dengan penyakit yang sama sekali tidak diketahui.

Sebelum meninggal, Raphael sempat mengerjakan lukisan di kanvas terbesar berjudul The Transfiguration yang dia terima tiga tahun sebelumnya.

Saat misa pemakaman digelar, lukisan Transfiguration yang belum selesai itu ditempatkan di sebelah peti matinya. Raphael dimakamkan di Pantheon Roma.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/05/22572311/biografi-tokoh-dunia-raphael-pelukis-terhebat-zaman-high-renaissance

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke