Salin Artikel

Kebakaran Besar Landa Hutan Korsel, Moon Umumkan Darurat Nasional

Dilansir AFP, api kebakaran mulai terlihat pada Kamis (4/4/2019) malam waktu setempat. Api menjalar di hutan di sepanjang jalan di kota Goseong, provinsi Gangwon, yang berbatasan langsung dengan Korea Utara.

Angin yang berhempus kencang telah turut memicu menjalarnya api melalui kawasan pegunungan dengan 500 hektar lahan terdampak dan sekitar 400 rumah warga terbakar.

Hampir 4.200 orang dievakuasi, dengan satu orang dilaporkan meninggal dan 35 orang lainnya terluka.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah mengunjungi wilayah di provinsi Gangwon, yang paling terdampak kebakaran, untuk bertemu dengan penduduk yang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Presiden bersama stafnya mengenakan jaket kuning sebagai tanda situasi darurat nasional.

Moon mengunjungi sebuah sekolah dasar di Goseong, yang menjadi lokasi pengungsian para penduduk, serta desa Jangcheon, di mana banyak rumah penduduk yang hangus terbakar.

"Saya berharap Anda lebih memperhatikan para korban, yang telah kehilangan tempat tinggal mereka, dan akhirnya memiliki waktu bernapas sejenak," pesan Moon kepada para petugas pemadam kebakaran.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan telah menerjunkan hingga lebih dari 870 mobil pemadam, serta mengerahkan sekitar 10.000 personil darurat untuk memadamkan api.

Bantuan juga datang dari pihak militer yang mengirim 32 unit helikopter, serta kendaraan pemadam api dan hinga 16.500 personil tentara.

"Api kebakaran utama telah dapat dikendalikan, tetapi masih ada titik api yang menyala," kata Gubernur Provinsi Gangwon, Choi Moon-soon dalam wawancara radio dengan saluran televisi YTN.

Pemerintah Korea Selatan telah mendeklarasikan status darurat bencana nasional atas kebakaran di Goseong.

Status darurat nasional yang dideklarasikan pemerintah memungkinkan daerah-daerah yang terdampak bencana untuk menerima hak bantuan khusus, termasuk barang dan peralatan, serta melarang masuk ke zona-zona berbahaya.

Api kebakaran disebut melanda kawasan di dekat perbatasan Korea Selatan dengan Utara. Presiden Moon berpesan kepada para pejabat untuk segera menghubungi otoritas di Korea Utara apabila api mulai mendekati perbatasan. Demikian disampaikan kantor kepresidenan.

Korea Selatan terakhir kali mendeklarasikan darurat bencana nasional pada 2007, saat kapal pengangkut minyak mentah mengalami kebocoran dan ribuan ton minyak muatannya mencemari perairan laut lepas di pantai barat.

https://internasional.kompas.com/read/2019/04/05/19192021/kebakaran-besar-landa-hutan-korsel-moon-umumkan-darurat-nasional

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.