Salin Artikel

AS Desak Militer Venezuela "Lindungi" Warga dari Pasukan Rusia

Pernyataan itu disampaikan Bolton menyikapi kehadiran sekitar 100 personel militer Rusia yang tiba di Venezuela akhir pekan lalu dengan dua pesawat kargo.

"Kami menyerukan agar militer Venezuela melaksanakan tugas konstitusionalnya dengan melindungi warga Venezuela," kata John Bolton dalam pernyataannya, Jumat (29/3/2019).

"(Presiden Nicolas) Maduro hanya akan menggunakan dukungan militer (Rusia) ini untuk semakin menekan rakyat Venezuela, melanggengkan krisis ekonomi yang menghancurkan negara itu, dan membahayakan stabilitas regional," tambahnya.

Pernyataan Bolton menyusul Presiden AS Donald Trump yang sehari sebelumnya menyerukan kepada Rusia agar menarik pasukannya dari Venezuela dan menghentikan setiap bentuk dukungannya kepada rezim pemerintahan Maduro.

Namun Moskwa menanggapi dengan mengatakan bahwa kehadiran pasukan mereka di Venezuela sebagai pakar militer yang bertujuan memberi bantuan teknis kepada pemerintah Maduro dan menegaskan akan tetap berada di negara itu selama dibutuhkan.

Rusia juga memperingatkan kepada AS untuk tidak terlalu mengkhawatirkan hubungan bilateralnya dengan Venezuela, karena Moskwa tidak berniat mengusik stabilitas pemerintahan negara itu.

Sebelumnya, Atase Militer Venezuela di Moskwa, Jose Rafael Torrealba Perez mengatakan bahwa pasukan Rusia berada di Venezuela berdasar perjanjian kerja sama militer dan teknis, serta tidak untuk melakukan operasi militer.

"Mengenai kehadiran spesialis Rusia (di Venezuela), kita bicara tentang kerja sama militer dan teknis," kata Torrealba Perez, dikutip kantor berita RIA Novosti.

"Kami sama sekali tidak berbicara tentang kehadiran militer Rusia untuk operasi militer," tambahnya.

Sebaliknya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh Washington telah berupaya untuk mengorganisir kudeta di negara penghasil minyak bumi itu.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/29/22495911/as-desak-militer-venezuela-lindungi-warga-dari-pasukan-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke