Salin Artikel

Kebakaran di Gedung Perkantoran Dhaka, Sudah 5 Orang Tewas

Tiga orang tewas setelah melompat dari gedung 19 lantai yang terbakar itu. Sementara, dua lainnya meninggal dunia karena efek dari kebakaran itu.

"Tiga orang tewas setelah melompat dari lantai atas gedung. Mereka mengalami luka parah di kepala tetapi bukan luka bakar," kata juru bicara RS United Sazzadur Rahman Shuvo.

Sazzadur menambahkan, sedikitnya delapan orang lainnya dirawat di rumah sakit itu.

Sementara itu, seorang juru bicara militer Abdullah Ibne Zaid mengatakan, jenazah seorang pria asal Sri Lanka sudah dibawa ke RS Militer Kurmitola.

Di rumah sakit yang sama sebanyak 45 orang korban kebakaran menjalani perawatan medis.

Pasukan pemadam kebakaran yang didukung  tentara berupaya keras memadamkan api termasuk dengan menggunakan helikopter yang menjatuhkan air ke kobaran api.

Salah seorang saksi mata peristiwa ini adalah Shoikot Rahman. Pria ini langsung menyelamatkan diri setelah para koleganya memberitahu tengah terjadi kebakaran.

Shoikot nyaris tak lolos dari kobaran api dan asap hitam yang melanda gedung perkantoran itu.

"Saat saya dengar api muncul di gedung, saya keluar gedung secepatnya. Banyak kolega saya masih terperangkap di dalam," kata Shoikot.

Kebakaran kerap terjadi di kota-kota besar Bangladesh di mana standar keselamatan masih amat buruk.

Pada 21 Februari lalu, kebakaran besar melanda kota tua Dhaka menewaskan tak kurang dari 70 orang dan mengakibatkan 50 lainnya terluka.

Pemadam kebakaran mengatakan, bencana itu disebabkan bahan kimia yang disimpan secara ilegal di sebuah gedung apartemen meledak.

Api yang muncul di gedung apartemen itu dengan cepat melalap gedung-gedung di sekitarnya.

Kebakaran itu begitu dahsyat sehingga pasukan pemadam butuh waktu 12 jam untuk mengendalikan kobaran api.

Pada juni 2010, kebakaran terjadi di Nimtoli, salah satu kawasan permukiman padat di Dhaka. Kebakaran tersebut menewaskan 123 orang.

Pada November 2012, kebakaran melanda sebuah gedung pabrik garmen berlantai sembilan di dekat Dhaka yang menewaskan 111 orang pekerja.

Investigasi mengungkap, kebakaran itu disebabkan sabotase dan manajer pabrik mencegah para pekerjanya menyelamatkan diri.


https://internasional.kompas.com/read/2019/03/28/18480291/kebakaran-di-gedung-perkantoran-dhaka-sudah-5-orang-tewas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke