Salin Artikel

Uji Coba Rudal, India Tembak Jatuh Satelit di Angkasa

Seperti diberitakan AFP Rabu (27/3/2019), klaim itu disampaikan Modi setelah Negeri "Bollywood" itu melaksanakan uji coba rudal.

Dalam klaim PM berusia 68 tahun itu, teknisi mereka berhasil menembak jatuh satelit yang tengah mengangkasa di orbit rendah Bumi.

Dia menjelaskan, satelit tersebut berada di orbit dengan ketinggian sekitar 300 kilometer dari Bumi ketika rudal tersebut menghantamnya.

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi India," kata Modi dalam pidatonya di televisi mengomentari ujia bernama Operasi Shakti.

Dia menuturkan misi uji coba rudal berlangsung damai, dan menegaskan mereka tidak berusaha menjadikan negara lain musuh, dan situasi angkasa jadi tidak aman.

Dengan keberhasilan uji coba rudal itu, Modi mengklaim India kini setara dengan Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China sebagai negara adidaya angkasa.

Meski begitu seperti diwartakan The Independent, pakar mengungkapkan satelit yang dijadikan target sudah dipersiapkan sejak satu bulan lalu.

Pengumuman itu terjadi jelang pemilihan umum di India di mana Modi hendak melanggengkan kekuasaannya di periode kedua 11 April mendatang.

Pemilu tersebut bakal terjadi selama enam pekan ke depan di mana sekitar 900 juta rakyat India bakal ambil bagian dalam pemilu terbesar dunia.

Selain itu, pernyataan tersebut terjadi beberapa pekan pasca-perseteruan New Delhi dengan Pakistan terkait perbatasan di Kashmir.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/27/15393641/uji-coba-rudal-india-tembak-jatuh-satelit-di-angkasa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke