Salin Artikel

Hamas Klaim Capai Gencatan Senjata dengan Israel Dimediasi Mesir

Disampaikan juru bicara Fawzi Barhoum, gencatan senjata itu dimediasi oleh Mesir, sebagaimana diwartakan kantor berita AFP Senin (25/3/2019).

"Upaya Mesir dalam melakukan mediasi sukses menghasilkan gencatan senjata antara pihak penyerang dengan faksi penentang," ujar Barhoum.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang tengah berkunjung ke Amerika Serikat (AS) tidak memberikan komentar atas klaim itu.

Baku tembak sempat dilaporkan terjadi setelah Barhoum mengumumkannya. Namun situasi menjadi tenang setelah tengah malam waktu setempat.

Klaim gencatan senjata itu muncul setelah jet tempur Israel menyerang sejumlah titik di Gaza yang disebut adalah bangunan milik Hamas.

Serangan udara pada Senin malam waktu setempat itu menghantam kantor pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan markas besar badan intelijen.

Serangan udara itu merupakan balasan setelah roket yang ditembakkan dari Rafah mengenai kawasan Mishmeret di ibu kota Tel Aviv pagi harinya.

Sejumlah roket sempat muncul dari Gaza menuju Israel yang membuat sirine berbunyi. Tidak dijelaskan apakah ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Pernyataan gabungan yang dirilis Hamas serta milisi Islamic Jihad menyatakan roket itu ditembakkan sebagai respon atas serangan udara Israel.

Dalam pertemuan dengan Presiden Donald Trump, Netanyahu mencanangkan bakal membalas setiap "agresi ceroboh" yang mengarah ke negaranya.

Netanyahu melanjutkan dia memutuskan mempersingkat kunjungannya ke Washington setelah roket dari Gaza melukai tujuh orang di Mishmeret.

Adapun Netanyahu berkunjung ke AS antara lain hadir dalam pengakuan Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel yang diumumkan oleh Trump.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/26/08144341/hamas-klaim-capai-gencatan-senjata-dengan-israel-dimediasi-mesir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke